Sulteng Hari Ini

Apa Itu Aplikasi e-Dumas yang Diluncurkan Polri? Ini Penjelasan dan Tindakan Polda Sulteng

Kasubbid Penmas Kompol Sugeng Lestari mengatakan, Aplikasi E-Dumas merupakan wadah yang memungkinkan masyarakat membuat laporan secara online. 

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Aplikasi e-Dumas 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi meluncurkan aplikasi Dumas (Pengaduan Masyarakat) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan).

Meski begitu, Polri menegaskan tetap mengklarifikasi setiap laporan yang disampaikan masyarakat melalui Aplikasi e-Dumas.

"Ada berbagai macam pentahapan. Terutama untuk menghindari orang-orang tidak bertanggungjawab, tetap kita harus ada klarifikasi. Contoh seperti identitas. Kalau identitas tidak terpenuhi tidak bisa masuk tahap kedua. Semuanya harus bisa terklarifikasi," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021).

"Jadi laporannya bukan laporan bohong-bohongan atau fitnah, tapi yang sebenarnya. Saya yakin kalau masyarakat ada problem, melaporkan," tambahnya.

Apa itu Aplikasi e-Dumas? Ini penjelasan Polda Sulawesi Tengah:

Kasubbid Penmas Polda Sulawesi Tengah Kompol Sugeng Lestari mengatakan, Aplikasi E-Dumas merupakan wadah yang memungkinkan masyarakat membuat laporan secara online. 

Baca juga: Update Covid-19 Sulteng: Poso Catat Penambahan 29 kasus Baru, Kasus Positif Sulteng Tembus 10 Ribu

Baca juga: Percepat Pemulihan Pariwisata, Pemerintah Gelar Vaksinasi Drive Thru

Baca juga: Temani Naik KRL, Ganjar Pranowo Akui Dapat Ledekan dari Presiden Jokowi : Pak Gubernur Sundul Ya

Aplikasi itu mampu memudahkan masyarakat untuk mengadukan perihal kinerja polisi.

"E-Dumas menjadi bagian transparansi Polri dan handling complaint masyarakat luas. Memudahkan masyarakat dalam melaporkan hal-hal yang terkait dengan kinerja Polri dan anggota Polri," kata Sugeng, Senin (1/3/2021) sore.

Menurutnya, Aplikasi e-Dumas menjadi media yang efektif, sebab masyarakat juga bisa mengetahui sejauh mana perkembangan laporannya.

Baca juga: 12 Terduga Teroris Ditangkap Aparat, Lagi Bangun Bunker Senjata dan Rancang Bom Bunuh Diri

Baca juga: Produksi Padi 2020 Naik 45 Ribu Ton, Mentan SYL: Program Kostraling Amankan Stok dan Harga Beras

Karena Aplikasi e-Dumas baru saja diluncurkan, Polda Sulawesi Tengah akan mengirim personel untuk mengikuti pelatihan di Mabes Polri.

"Memang sudah di-launching Dumas Presisi alias e-Dumas oleh Kapolri dan yang pasti satuan wilayah dalam hal ini akan menindaklanjutinya," ujar Sugeng.

Kompol Sugeng menambahkan, jika telah dilakukan peresmian dan pengoperasian di Polda Sulteng, akan langsung disampaikan ke masyarakat Sulawesi Tengah. 

"Nanti diinfokan jika sudah aktif, bagaimanapun masyarakat wajib tahu," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Palu
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved