Breaking News:

Partai Nasdem Berharap Gubernur Sulawesi Tengah Terpilih Mampu Mengentaskan Kemiskinan di Sulteng

Partai Nasdem mendorong pasangan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah terpilih, Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir, untuk mengentaskan kemiskinan.

Tribunnews.com/Jeprima
ilustrasi kemiskinan 

TRIBUNPALU.COM - Kemiskinan masih menjadi masalah utama di sejumlah daerah di Indonesia.

Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Tengah.

Terkait dengan hal ini Partai Nasdem mendorong pasangan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah terpilih, Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir, untuk mengentaskan kemiskinan di provinsi tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali berkaca dari data Badan Pusat Statistik yang mencatat Sulawesi Tengah beradapa pada peringkat ke-9 provinsi termiskin di Indonesia.

"Artinya, ada yang salah dalam tata kelola pemerintahan Sulteng. Untuk itulah, kekuasaan ini harus diambil oleh Partai Nasdem. Insya Allah kami mampu melahirkan kesejahteraan untuk rakyat," kata Ali pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah Partai Nasdem di Palu, Jumat (2/4/2021), dikutip dari keterangan tertulis.

Ali menyatakan, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah harus bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota, salah satunya dalam menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Minggu 4 April 2021: Waspada Hujan Lebat di Sulteng

Baca juga: Rela Kepala Ditusuk 18 Ribu Kali, Jidat dan Pipi Kevin Aprilio Kini Berbulu Lebat

Menurut Ali, integrasi program provinsi dan kabupaten/kota penting agar sektor daerah yang paling potensial dapat dikembangkan secara fokus.

"Kita berharap wajah Sulawesi Tengah lima tahun mendatang akan utuh. Selama ini, kita lihat visi provinsi bicara kelautan, sementara visi bupati bicara gunung dan darat. Tidak pernah ketemu," ujar Ali.

Sementara itu, Rusdy mengatakan, akan mengevaluasi kebijakan fiskal di provinsi Sulawesi Tengah sekaligus mencari peluang pendapatan daerah untuk menekan angka kemiskinan.

"Kenapa kemiskinan jadi masalah? Karena pendapatan daerah kita rendah. Kita akan tingkatkan ke depan untuk membiayai wilayah seluas 61 ribu km persegi, dengan 6.600 km garis pantai ini. Potensi yang ada harus kita kelola dengan baik," kata dia.

Baca juga: Adem, Umat Kristiani Bisa Parkir di Masjid Istiqlal saat Rayakan Hari Paskah

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mempersiapkan diri untuk menyelesaikan masalah pascabencana di Sulawesi Tengah.

Partai Nasdem merupakan salah satu pengusung pasangan Rusdy-Ma'mun dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020 lalu.

Selain Nasdem, Rusdy-Ma'mun juga diusung oleh Partai Golkar, PKB, PKS, Partai Demokrat, Partai Perindo, Partai Hanura, dan PPP.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gubernur Sulawesi Tengah Terpilih Diharapkan Mampu Mengentaskan Kemiskinan", 
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Kristian Erdianto

Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved