Breaking News:

Korupsi Dana Covid-19 untuk Main Perempuan, Kades Ini Dituntut 7 Tahun Penjara, Begini Reaksinya

Oknum Kades Sukowarno dituntut hukuman 7 tahun penjara terkait kasus dugaan korupsi dana Covid-19 di Desa Sukowarno Kabupaten Musi Rawas (Mura) Sumsel

Kompas.com
Ilustrasi korupsi 

TRIBUNPALU.COM - Askari (43), oknum Kades Sukowarno kembali menjalani sidang lanjutan terkait kasus dugaan korupsi dana Covid-19 di Desa Sukowarno Kabupaten Musi Rawas (Mura) Sumsel.

Sidang digelar di Pengadilan Tipikor Palembang, Senin (19/4/2021).

Sidang ini beragendakan penyampaian pembelaan (pledoi) yang dibacakan secara langsung oleh Askari yang kini berstatus terdakwa.

Dalam persidangan, Askari memohon kepada hakim untuk memberinya keringanan hukuman dari tuntutan 7 tahun penjara yang diberikan JPU terhadapnya.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Sahlan Effendi tersebut, Askari berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya melakukan tindak pidana korupsi.

"Saya janji pak hakim, tidak lagi akan saya ulangi. Saya mohon pak hakim beri keringanan hukuman," ucapnya.

Permohonan keringan hukuman juga disampaikan penasihat hukum terdakwa, Supendi SH MH.

Melalui pledoi tertulis, Supendi pada intinya merasa keberatan dengan tuntutan 7 tahun penjara terhadap kliennya.

"Kami juga keberatan pada tuntutan pidana tambahan terdakwa wajib mengganti uang sebesar Rp 187,2 juta sebagai ganti kerugian negara. Kami pastikan bahwa terdakwa tidak mampu untuk membayarnya karena terdakwa ini adalah satu-satunya orang yang mencari uang dalam keluarganya," ungkap Supendi dalam sidang yang digelar secara virtual ini.

Menurutnya, tuntutan wajib membayar denda kerugian negara itu melanggar Undang-Undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia yang berbunyi tiada suatu pelanggaran atau kejahatan apapun yang diancam dengan hukuman perampasan seluruh harta kekayaan milik yang bersalah.

"untuk itu memohon agar majelis hakim yang memeriksa perkara ini berkenan memutuskan hukuman seringan-ringannya. Namun apabila majelis hakim berpendapat lain, mohon memberikan putusan yang seadil-adilnya," ucap Supendi.

Baca juga: Siapa Itu Bahlil Lahadalia? Isunya Jadi Menteri Baru Jokowi, Ternyata Pernah Jadi Sopir Angkot

Halaman
123
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved