Breaking News:

Rayakan Ultah PSSI ke-91, Ketum Iwan Bule Lakukan Kunjungan Napak Tilas ke Solo

Hampir seabad yang lalu di Kota Yogyakarta, PSSI resmi berdiri melalui inisiator enam klub di Pulau Jawa

Dokumen PT Liga Indonesia Baru
Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Balai Persis Solo, Senin (19/4/2021) 

TRIBUNPALU.COM - Memperingati hari jadi PSSI ke-91, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melakukan kunjungan napak tilas ke Kota Solo, Senin (19/4/2021).

Dalam kunjungannya ini, sosok yang akrab disapa Iwan Bule ini menyebut Solo sebagai kota yang bersejarah bagi berdirinya PSSI pada 19 April 1930 lalu.

Organisasi yang menaungi sepak bola tanah air itu didirikan oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia dalam melawan kolonialisme penjajahan melalui olahraga sepak bola.

Acara peringatan yang digelar di Balai Persis Solo itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga mengatakan bahwa Kota Solo dan Kota Yogyakarta menjadi saksi perkembangan PSSI dalam memajukan sepak bola Indonesia selama 91 tahun ini.

Hampir seabad yang lalu di Kota Yogyakarta, PSSI resmi berdiri melalui inisiator enam klub yakni PSIM Mataram Yogyakarta, Persis Solo, PSM Madiun, PPSM Magelang, dan Persebaya Surabaya.

Baca juga: Qodari Sebut Moeldoko Tak Mampu Rebut Kursi AHY: Enggak Kuat, Jadi Ketua PSSI Aja Enggak Bisa

Baca juga: Jose Mourinho Mendadak Dipecat Tottenham, Imbas Tolak Super League?

Baca juga: Bos Real Madrid Jadi Dalang Dibentuknya Liga Super Eropa, Tiap Klub Dirayu dengan Rp 5,8 Triliun

Nama PSSI sendiri disahkan melalui kongres yang digelar pertama kali di Kota Solo dan menetapkan Ir. Soeratin Sosrosoegondo sebagai ketua umum PSSI yang pertama.

Mochamad Iriawan berharap di usia yang semakin dewasa ini, PSSI bisa terus berkontribusi aktif dalam memajukan persepak bolaan Indonesia.

“Kita dapat hadir di Kota Solo memperingati ultah federasi tentunya kita ketahui bahwa federasi lahir 91 tahun lalu,” tutur Iriawan seperti yang dikutip Tribunpalu.com dari laman ofisial klub.

“Ini umur yang tua, alhamdulillah kita semua masih berdiri tegak untuk memajukan sepak bola yang kita cintai. Alhamdulillah saat ini kita ada di Solo, kebetulan Piala Menpora sedang berlangsung di sini,” ungkapnya.

“Ini jadi suatu historis juga karena Solo jadi kota bersejarah lahirnya kota Indonesia termasuk ada Jogja juga. Kita berkumpul di sini, ketua PSSI pertama di Indonesia,” lanjut Iwan.

Tahun ini menjadi tahun kedua dalam peringatan hari jadi PSSI ditengah masa krisis pandemi Covid-19. Dimana aktivitas sepak bola Indonesia vakum selama setahun terakhir sejak pandemi melanda Indonesia.

Ditengah keterbatasan tersebut, Mochamad Iriawan tetap optimis kedepan program-program pembenahan sepak bola yang telah disusun oleh PSSI perlahan dapat berjalan baik.

(Tribunpalu.com)

Penulis: Bobby W
Editor: Bobby Wiratama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved