Breaking News:

Palu Hari Ini

Transgender Kantongi Putusan Pengadilan, Dinas Dukcapil Palu Siap Layani Pembuatan e-KTP

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu membantu transgender memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Handover
Kepala Dinas Dukcapil Palu Rosida 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu membantu transgender memperoleh Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Hal ini sesuai komitmen Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ingin memudahkan para transgender untuk mendapatkan dokumen kependudukan terutama e-KTP.

Dalam proses itu, Kepala Dinas Dukcapil Palu Rosida menegaskan tidak ada kolom jenis kelamin "transgender" di dalam e-KTP tersebut.

"Kalau dia laki-laki, ya dicatat sebagai laki-laki, begitu juga kalau perempuan. Kecuali mereka sudah ditetapkan adanya perubahan kelamin dari pengadilan, maka kami mengarah berdasarkan putusan itu," kata Rosida, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Sekolah tatap Muka 3 mei 2021, Berikut Aturan Jam Belajar dari Dinas Pendidikan Palu

Baca juga: Drama Cari Sendal Saat Munarman Ditangkap Densus 88, EK: Mun, Sendal Lu Mana Sih? Gue Pusing Nyari

Baca juga: Harga & Spesifikasi HP Oppo April 2021: Oppo A15s, Oppo A54, Oppo A92, Oppo A1k hingga Oppo Reno5 F

Rosida memberikan arahan bagi transgender yang sudah merekam data, yakni terlebih dahulu harus diverifikasi dengan nama asli.

"Semua dicatat sesuai nama aslinya, tidak ada nama alias atau panggilan. Urusan mengganti nama dan ganti kelamin harus ada putusan dari pengadilan," jelasnya.

Diketahui, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, setiap penduduk Warga Negara Indonesia berhak atas semua pelayanan publik dasar tanpa diskriminasi.

Hal ini juga berlaku bagi kaum transgender yang kerap dipandang sebagai warga marginal dan terpinggirkan dari pergaulan masyarakat.

"Dukcapil seluruh Indonesia akan membantu para transgender untuk mendapatkan dokumen kependudukan," kata Zudan dalam rapat virtual, dikutip Jumat (23/4/2021). (*)

Penulis: fandy ahmat
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved