Breaking News:

Idulfitri 2021

Kemenag soal Pelaksanaan Idulfitri 2021: Takbir Keliling Ditiadakan, Zona Merah Salat Ied di Rumah

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan penyelenggaraan salat Idulfitri 2021 M / 1442 H.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi Salat Idulfitri 

TRIBUNPALU.COM - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan penyelenggaraan salat Idulfitri 2021 M / 1442 H.

Panduan pelaksanaan Idul Fitri tersebut, termuat dalam Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idulfitri Tahun 1442 H/2021 M di Saat Pandemi Covid-19.

Dalam edaran tersebut dijelaskan beberapa ketentuan, di antaranya pelaksanaan salat Idul Fitri yang diharuskan untuk dilakukan di rumah pada zona merah dan zona oranye Covid-19.

Selain itu, SE tersebut juga mengatur terkait pelaksanaan takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Polsek Toili Ciduk Penyelundup Elpiji 3 Kg, Pertamina Pastikan Pangkalan Tak Terlibat

Baca juga: Jelang Lebaran, Polisi Geledah Tempat Penjualan Saguer di Jl Rajamoili Palu

Baca juga: Diadang di Pos Penyekatan Cikalongkulon, Pemudik Ini Tak Berhenti dan Malah Tabrak Polisi

Berikut ketentuan panduan penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1442 H/2021 di saat Pandemi Covid-19, dilansir situs Kemenag:

PERTAMA, malam takbiran menyambut Hari Raya Idulfitri dalam rangka mengagungkan asma Allah sesuai yang diperintahkan agama, pada prinsipnya dapat dilaksanakan di semua masjid dan musala, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Dilaksanakan secara terbatas, maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan musala, dengan memperhatikan standar protokol kesehatan COVID-19 secara ketat, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan;

b. Kegiatan takbir keliling ditiadakan untuk mengantisipasi keramaian.

c. Kegiatan Takbiran dapat disiarkan secara virtual dari masjid dan musalla sesuai ketersediaan perangkat telekomunikasi di masjid dan musalla.

KEDUA, Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M di daerah yang mengalami tingkat penyebaran Covid-19 tergolong tinggi (zona merah dan zona oranye) agar dilakukan di rumah masing-masing, sejalan dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia dan ormas-ormas Islam lainnya.

Baca juga: Diadang di Pos Penyekatan Cikalongkulon, Pemudik Ini Tak Berhenti dan Malah Tabrak Polisi

Baca juga: Cara, Syarat, dan Jadwal Daftar Beasiswa LPDP 2021, Akses di beasiswalpdp.kemenkeu.go.id

Halaman
123
Editor: Haqir Muhakir
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved