Breaking News:

Palu Hari Ini

Hadiri Penyerahan Aset Pemkab Donggala, Hadianto Kenakan Busana Suku Kaili

Dalam penyerahan tersebut, Hadianto mengenakan busana adat Koje berwarna hitam dengan senjata tradisonal Guma dipadukan dengan penutup kepala Siga.

TribunPalu.com/Alan_Sahrir
Hadianto Rasyid kenakan Busana Koje (busana khas Suku Kaili) 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menghadiri penyerahan aset Pemerintah Kabupaten Donggala kepada Pemkot Palu di Halaman Kantor Wali Kota, Jl Balai Kota, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore Kota Palu Sulawesi Tengah, pada Selasa (8/6/2021) pagi.

Dalam penyerahan tersebut, Hadianto mengenakan busana adat Koje berwarna hitam dengan senjata tradisonal Guma dipadukan dengan penutup kepala Siga.

Baca juga: Penyerahan Aset Pemerintah Kabupaten Donggala ke Pemkot Palu akan Disaksikan Gubernur Sulteng

Baca juga: Pemkot Palu Bakal Terima 4 Aset dari Pemerintah Donggala, Ini Rinciannya

Baca juga: Begini Suasana Pendukung di Luar Gedung Pogombo Saat Pelantikan Bupati Banggai Terpilih

Busana Koje ialah busana khas Suku Kaili.

Dikutip dari Wikipedia.org Busana Koje adalah sebutan untuk busana tradisional laki-laki suku Kaili yang ada di Sulawesi Tengah.

Busana Koje berbentuk kemeja dengan lengan panjang, biasanya penggunaan baju ini dikombinasikan dengan sebuah celana yang panjangnya hingga selutut.

Busana Koje layaknya busana yang cukup sederhana dan memiliki warna dasar yang berbeda-beda. Warna yang sering digunakan ialah warna putih, merah, kuning dan hitam.

Dalam penampilan pagelaran busana tradisional, warna Busana Koje lebih bagus diselaraskan dengan Busana Nggembe (busana Suku Kaili, red) jika diperagakan dalam waktu bersamaan.(*)

Penulis: Alan Sahrir
Editor: Dimas Adi Satriyo
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved