Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Gubernur Longki Djanggola Luncurkan Buku Satu Dekade Dekranasda Sulawesi Tengah

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meluncurkan buku Satu Dekade Dekranasda Sulawesi Tengah, Rabu (9/6/2021) siang.

Handover
Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meluncurkan buku Satu Dekade Dekranasda Sulawesi Tengah, Rabu (9/6/2021) siang. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meluncurkan buku Satu Dekade Dekranasda Sulawesi Tengah, Rabu (9/6/2021) siang.

Peluncuran itu berlangsung di rapat kerja Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Tengah.

Secara simbolis buku tersebut diserahkan oleh Ketua Dekranasda Provinsi kepada Dekranasda Kabupaten Kota.

Raker tersebut salah satunya bertujuan guna meningkatkan koordinasi serta mensinergikan kebijakan dan program kerja Dewan Kerajinan Nasional Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota di Sulteng.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengungkapkan, Dekranasda Sulteng merupakan salah satu komponen masyarakat bersifat organisasional.

"Jadi selama ini Dekranasda Sulteng telah berkiprah dalam pembangunan daerah khususnya di bidang kerajinan di Kabupaten Kota di Sulteng," ungkap Longki Djanggola.

Baca juga: Fenomena Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Ini Penjelasan BMKG Palu

Baca juga: Kecewa dengan Pemerintah Banggai, Petani Blokade Jalan Usaha Tani di Luwuk Selatan

Longki menambahkan, selama 10 tahun terkahir Dekranasda Sulawesi Tengah berhasil menunjukan jati diri sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam mengembangkan kerajinan daerah.

Menurutnya, eksistensi Dekranasda Sulteng benar-benar memberikan dampak signifikan dalam memajukan kerajinan daerah Sulteng.

"Jadi dapat dilihat dari berbagai program yang telah dilaksanakan Dekranasda Sulteng, dan memberdayakan Dekranasda Kabupaten Kota, serta mendorong munculnya berbagai kreasi kerajinan khas yang ada di setiap kabupaten dan kota," tuturnya.

Dia menjelaskan, dinas dan instansi terkait senantiasa melakukan sinkronisasi program kerjanya dengan Dekranasda kabupaten/kota  dan Dekranasda Provinsi Sulteng.

Sebagai upaya pembinaan secara bersama, terpadu untuk menghasilkan produk unggulan masing-masing daerah.

"Salah satu yang menjadi fokus utama Dekranasda Sulawesi Tengah selama ini adalah tenun kain donggala, berkat usaha dan kreasi yang telah dilakukan Dekranasda Provinsi saat ini tenun kain donggala sudah dikenal secara Nasional sebagai ikon dari Daerah Sulawesi Tengah," ujar Longki. (*)

Penulis: Moh Salam
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved