Breaking News:

Parimo Hari Ini

Menuju Arsip Dinamis, Dispusaka Parimo Gelar Bimbingan Konsultasi Penyusunan JRA

Menuju arsip dinamis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) gelar Bimbingan Konsultasi (Bikon).

Penulis: Ketut Suta | Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Menuju arsip dinamis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) gelar Bimbingan Konsultasi (Bikon) Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Subtantif, Rabu (16/6/2021). 

TRIBUNPALU.COM, PARIGI MOUTONG - Menuju arsip dinamis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) gelar Bimbingan Konsultasi (Bikon) Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) Subtantif, bertempat di ruang baca umum Dispusaka Parimo, Rabu (16/6/2021).

Panitia pelaksana Susanti mengatakan, sesuai undang undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, pada pasal 1 butir 23 yang di maksud dengan penyusunan arsip adalah kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan.

Lanjut Susanti, salah satu tahapan dalam sebuah manajemen arsip adalah penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA) subtantif.

"JRA adalah daftar yang berisi sekurang kurangnya jangka waktu penyimpanan atau retensi," jelasnya.

Baca juga: Markis Kido dan Christian Eriksen Kolaps di Lapangan, Begini Pertolongan Pertama saat Henti Jantung

Baca juga: Kuota CPNS Basarnas 2021: Lulusan SMA/Sederajat 189 Orang, Perawat 13 Orang

Baca juga: Siapa Sebenarnya Denise Cadel? Apa Hanya Orang Biasa? Berani Tantang Uya Kuya dan Dewi Persik

Bupati Parigi Moutong diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong Armin mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Parimo yang telah melaksanakan kegiatan dan terselenggara dengan baik.

Karena menurutnya, bimbingan dan konsultasi memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan dasar arsip bagi seluruh jajaran Pemerintahan daerah.

Kata Armin, sebagai urusan wajib tentunya setiap individu, aparatur, bagian, organisasi perangkat daerah, maupun lembaga Pemerintah lainnya yang menyelenggarakan urusan pemerintahan wajib melaksanakan urusan kearsipan.

"Saya berharap kepada para peserta agar kegiatan ini diikuti dengan serius agar menghasilkan ilmu kearsipan yang sangat bermanfaat, " pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved