Breaking News:

Gubernur Baru Sulteng

VIDEO: Mahasiswa Demo Rusdi - Mamun di Hari Ke-2 Pimpin Sulteng, Berikut Tuntutannya

Mahasiswa Demo Minta Rusdi - Mamun Sejahterakan Masyarakat di Hari Ke-2 Menjabat Gubernur Sulteng

Penulis: fandy ahmat | Editor: Haqir Muhakir

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Baru dilantik Presiden Joko Widodo, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura - Mamun Amir sudah didemo sejumlah mahasiswa, Jumat (18/6/2021) siang. 

Aksi mahasiswa tergabung dalam Lingkar Studi Aksi dan Demokrasi Indonesia (LS-ADI) Sulawesi Tengah digelar di Depan Kantor Gubernur Sulawesi Tengah Jl Sam Ratulangi, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi Rizal mengatakan, ada beberapa tuntutan yang disuarakan kepada pemimpin baru Sulawesi Tengah

Pertama, mereka meminta Rusdi-Ma'mun mensejahterakan rakyat mengingat masih tingginya angka kemiskinan di Sulawesi Tengah

Padahal di sisi lain, Sulawesi Tengah dikenal sebagai daerah kaya akan sumber daya alam. 

Baca juga: Wali Kota Hadianto Harap FKUB dan FPK Bersinergi dengan Pemerintah

Baca juga: Warga Sambut Kedatangan Gubernur Baru, Begini Suasana Kediaman Rusdi Mastura

Kedua, mendesak pemerintahan baru menutup semua aktivitas pertambangan tanpa izin (PETI) yang dinilai merugikan masyarakat. 

"Selain persoalan utama, masih ada beberapa permasalahan seperti pengangguran, narkoba dan lainnya. Kami ingin gubernur baru memperhatikan rakyat dan memajukan daerah," ujar Rizal. 

Ia menuturkan, pihaknya meminta Rusdi-Ma'mun menjalankan amanat konstitusi sesuai Pasal 33 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Dalam pasal tersebut ditegaskan bahwa ”Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.

"Kami mendukung program pemerintah yang bersifat membangun dan bermanfaat. Namun sebaliknya, kami dari LS-ADI akan berada di garda terdepan apabila kebijakan tidak pro terhadap masyarakat Sulteng," ucap Rizal. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved