Vaksinasi di Sulteng

Kanwil Kemenkumham Sulteng Vaksinasi Covid-19 Warga Binaan Lapas Palu

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) lakukan Vaksinasi Covid-19 kepada warga binaan di Lapas Kelas Palu.

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/MOH SALAM
Seorang Narapidana di Lapas Kelas IIA Palu Divaksinasi Covid-19 dalam rangka menyambut HUT ke 76 Republik Indonesia, Senin (16/8/2021) siang. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Jelang HUT ke 76 Republik Indonesia, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) lakukan Vaksinasi Covid-19 kepada warga binaan di Lapas Kelas IIA Palu, Senin (16/8/2021) siang.

Vaksinasi Covid-19 itu digelar di lapangan voli Lapas Kelas IIA Palu, Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulteng.

Tahanan dan narapidana dipanggil satu persatu untuk memasuki lapangan Voli, hal itu untuk mencegah terjadinya kerumunan saat proses vaksinasi Covid-19.

Pihak Lapas Kelas IIA Palu juga mengatur tempat duduk narapidana dan tahanan sebelum dan sesudah di vaksin.

Sehingga proses vaksinasi Covid-19 di Lapas Palu berjalan dengan baik.

Baca juga: Andalkan Quad Camera, Simak Spesifikasi Lengkap HP Oppo Reno5 F, Harganya Sekitar Rp 4 Juta

Baca juga: Daftar Harga HP Samsung Terbaru Bulan Agustus: Dari Rp 999.000 Sampai Seri Termahal, Galaxy Z Fold2

Lapas Kelas IIA Palu itu berlokasi di Jl Dewi Sartika nomor 73, Kelurahan Birobuli Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 di Lapas dan Rutan merupakan upaya guna menjaga imunitas dan keselamatan warga binaan dan tahanan.

"Vaksin bagi warga binaan dan tahanan di Lapas dan rutan merupakan bagian dari upaya kami menjaga imunitas dan keselamatan dampak dari pandemi Covid-19 terhadap mereka (penghuni lapas dan rutan, red)," ungkap Lilik Sujandi.

Lilik Sujandi menjelaskan, Vaksinasi Covid-19 untuk para tahanan dan narapidana adalah dukungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah.

"Hasil dari koordinasi kami dengan Polda Sulteng dan kami mendapatkan dukungan vaksinasi, untuk sementara kami konsentrasi pada lapas Palu nanti kemudian rutan Donggala serta nanti disusul rutan Palu dan lapas perempuan," tutur Lilik.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi, saat menemui awak media Disela-sela Vaksinasi Covid-19 untuk Warbin dan Narapidana serta tahanan di Lapas Palu.
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi, saat menemui awak media Disela-sela Vaksinasi Covid-19 untuk Warbin dan Narapidana serta tahanan di Lapas Palu. (TRIBUNPALU.COM/MOH SALAM)

Lilik Sujandi mengatakan, rencananya vaksinasi Covid-19 untuk tahanan dan narapidana di di wilayah Sulteng akan semuanya di vaksin, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

"demikian juga di daerah, Wakapolda Sulteng sudah instruksikan kepada Kapolres untuk mendukung secara bertahap dan tentunya tergantung ketersediaan vaksin, kami akan melaksanakan semua narapidana dan tahanan agar di vaksin," jelas Lilik Sujandi.

Baca juga: Niat Puasa Tasua dan Arafah Bulan Muharram 1443 H, Dilaksanakan pada 18 & 19 Agustus 2021

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat HUT ke-76 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2021, Cocok Dibagikan ke Media Sosialmu

"Hari ini mungkin ada sekitar 400 orang dan mungkin akan disusul dengan hari-hari berikutnya serta tentunya kami berharap ini menjadi prioritas Pemerintah Daerah untuk memvaksin bagi warga binaan dan tahanan," pungkasnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi, saat menyambangi Lapas Kelas IIA Palu di kegiatan Vaksinasi Covid-19.
Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi, saat menyambangi Lapas Kelas IIA Palu di kegiatan Vaksinasi Covid-19. (TRIBUNPALU.COM/MOH SALAM)

Sementara Untuk peringati HUT RI pada tahun ini, Kemenkumham Sulteng bekerjasama dengan Brimob Polda Sulteng untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Lapas Palu.

Di Sulawesi Tengah terdapat 9 Lapas dan dua diantaranya Lapas Perempuan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak.

Sementara ada 3 Rumah Tahanan (Rutan) di Sulawesi Tengah.

Sehingga total Lapas dan Rutan di Sulawesi Tengah berjumlah 12 Unit di bawah Kanwil Kemenkumham Sulteng. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved