Bolehkah Kucing Makan Nasi? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Pemilihan jenis makanan sangat penting bagi kucing, karena makanan yang tepat membantu tumbuh kembang kucing. Lantas, bolehkah kucing makan nasi?

happypawscayman.com
Pemberian nasi kepada kucing dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing. 

TRIBUNPALU.COM – Memberikan makanan kepada kucing kesayangan memang terbilang tidak mudah, karena Anda harus memperhatikan setiap kandungan makanan yang Anda berikan terhadap kucing Anda.

Makanan kucing juga bervariasi, ada yang berbentuk kering hingga yang memiliki tekstur basah atau biasa dikenal dengan sebutan wet food.

Pemilihan jenis makanan juga sangat penting bagi tiap kucing, karena pemilihan makanan yang tepat juga akan membantu tumbuh kembang kucing.

Kucing terlahir sebagai hewan yang memiliki sifat carnivora sejati, yakni hewan yang tergolong cenderung mengonsumsi berbagai jenis protein hewani lainnya.

Protein hewani yang sering diberikan kepada kucing di antaranya seperti ayam, daging, hingga berbagai jenis ikan yang sudah diproses khusus untuk makanan kucing.

Namun, tidak sedikit pemilik kucing yang memberikan makanan kepada kucingnya berupa nasi dan juga ikan asin.

Mengutip dari Kompas.com, sebagian besar kucing dapat mengonsumsi nasi tanpa akibat apa pun, tetapi ada juga beberapa pengecualian yang perlu diketahui.

Beras bukan bagian dari makanan alami untuk hewan peliharaan ini dan kemungkinan besar tidak akan memberi mereka manfaat nutrisi apa pun.

Lalu, bolehkah kucing mengonsumsi nasi yang dicampur dengan ikan?

Melansir dari laman youtube Dokter Hewan, Drh. Meisi Nuriski menyampaikan, pencernaan hewan memang sudah didesain agar dapat mencerna makanan yang memiliki kandungan protein hewani.

Makanan yang memiliki kandungan protein hewani dan asam amino seperti ayam, daging hingga ikan, merupakan makanan yang sangat dibutuhkan kucing.

Namun, tubuh kucing membutuhkan asupan karbohidrat yang lebih sedikit, bahkan tubuh kucing secara alami dapat mensintesis karbohidrat dari protein yang dikonsumsi.

Memberikan nasi kepada kucing tidak terlalu dianjurkan oleh pakar kesehatan, karena dapat meningkatkan faktor risiko kegemukan ataupun obesitas.

Selain itu, terlalu sering memberikan nasi dan ikan kepada kucing dapat menyebabkan kucing kekurangan nutrisi lain yang dibutuhkan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved