Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Legislator Gerindra Sulteng Minta Pemerintah Pusat Perhatikan Pemekaran Sulawesi Timur

Kalaupun moratorium dicabut, maka masih perlu kerja keras dan melalui persoalan keuangan negara seperti pernyataan Menteri Dalam Negeri

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: mahyuddin
handover/DPRD Sulteng
Legislator Gerindra Sulawesi Tengah Winiar Hidayat Lamakarate 

TRIBUNPALU.COM, PALU – Legislator Gerindra Sulawesi Tengah Winiar Hidayat Lamakarate menilai, pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Sulawesi Timur tinggal menunggu waktu.

Legisalor perempuan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banggai, Banggai Kepulauan, Bangggai Laut, itu menambahkan, tugas pemerintah daerah sudah tuntas.

“Hal itu ditandai dengan rekomendasi gubernur dan DPRD Sulteng sebagai tanda bahwa Pemda Sulteng telah setuju,” kata Winiar melalui via WhatsApp kepada TribunPalu.com, Senin (27/9/2021).

Istri Hidayat Lamakarate itu menjelaskan, moratorium menjadi sebab proses mandek.

Kalaupun moratorium dicabut, maka masih perlu kerja keras dan melalui persoalan keuangan negara seperti pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Baca juga: Pembentukan Sulawesi Timur Sulit Terealisasi, Mendagri: Tergantung Kemampuan Keuangan Negara

Baca juga: Bertajuk Jaksa Menyapa, Cabjari Parimo dan Radio DOB Tomini Gelar Dialog dengan Masyarakat Tinombo

Peraih 47.582 suara itu mengatakan, daerah baru menggunakan dana shering dari provinsi induk.

“Kalau itu dilaksanakan maka sesungguhnya keuangan negara tidak akan terbebani terlalu besar. karena akhir DOB di suatu daerah akan dibiayai dari dana APBD daerah induknya," ujar Winiar.

Perempuan kelahiran, Yogyakarta,  26 Februari 1975 itu, berharap, pemerintah pusat membuka moratorium dan menyeleksi semua persyaratan DOB untuk selanjutnya diputuskan daerah layak pemekaran.

"Harus dipahami bahwa semangat pemekaran adalah untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan pada masyarakat. Ini adalah harapan kami di daerah tapi kan dalam prakteknya tidak semudah itu," tutur Bendara Gerindra Sulteng tersebut.

Winiar mendukung penuh pemekaran Sulawesi Timur yang mencakup 6 kabupaten Sulawesi Tengah.

Keenamnya adalah Kabupaten Banggai Laut, Banggai Kepulauan, Morowali Utara, Morowali, Tojo Una-una, dan Kabupaten Banggai.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved