Breaking News:

Pemilu 2024

Ancaman Golput di Pemilu 2024, KPU Palu Ajak Mahasiswa Edukasi Pemilih

Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu atau Pilkada masih menjadi tantangan berat. 

Penulis: fandy ahmat | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/FANDY
Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid saat memberi sambutan di acara sosialisasi tahapan dan pendidikan pemilih jelang Pemilu Serentak 2024 di Aula Rektorat Unismuh Palu Jl Jabal Nur, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Kamis (7/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menggelar sosialisasi tahapan dan pendidikan pemilih jelang Pemilu 2024.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Rektorat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu Jl Jabal Nur, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Kamis (7/10/2021). 

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid menuturkan, partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu atau Pilkada masih menjadi tantangan berat. 

Menurutnya, kondisi ini disebabkan karena sebagian masyarakat menganggap siapapun pemimpin terpilih tidak dapat merubah nasib mereka ke arah lebih baik. 

Baca juga: Prodi Teknik Informatika Unismuh Palu Tak Paksa Mahasiswa Ikut Kuliah Tatap Muka

Dia berharap, mahasiswa dapat menjadi agen sosialisasi kepemiluan agar informasi tentang pemilu dapat tersebar ke tengah masyarakat.

"Kami berharap mahasiswa menjadi relawan bagi KPU Kota Palu. Memberikan informasi dan edukasi agar pikiran masyarakat menjadi terbuka perihal pentingnya Pemilu," kata Agus. 

Dalam konteks ini, kata Agus, partai politik justru berperan lebih penting dalam meyakinkan masyarakat agar mau menentukan pilihan. 

"Misal masyarakat dominan golput karena merasa tidak ada calon yang pas bagi mereka. Maka masalah ini bukan berasal dari KPU, melainkan peran dari partai politiknya," tuturnya. 

Baca juga: 3 Mahasiswa Unismuh Palu Juara Satu Lomba Pidato 3 Bahasa

"Selain kampus, KPU tetap akan menggelar sosialisasi dengan menyentuh beberapa segmen masyarakat, seperti penyintas bencana di Huntap," ucap Agus.

Usai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama atau MoU dengan pihak Unismuh Palu

Hal ini dilakukan guna meningkatkan semangat demokrasi dikalangan mahasiswa sehingga dapat menciptakan Pemilu yang berkualitas.(*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved