Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Provinsi Sulawesi Tengah Raih WTP 5 Kali Berturut-turut dari BPK

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura, Bersama Bupati Sigi saat menerima penyerahan piagam penghargaan Opini WTP Tahun 2020 dan plakat WTP 5 Kali

Penulis: Nur Saleha | Editor: Haqir Muhakir
Handover/Humas Pemprov Sulteng
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura, Bersama Bupati Sigi saat menerima penyerahan piagam penghargaan Opini WTP Tahun 2020 dan plakat WTP 5 Kali berturut turut di Gedung Pogombo, Kamis (14/10/2021) 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Nur Saleha

TRIBUNPALU.COM, PALU - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulteng, Irfa Ampri.

Penyerahan piagam tersebut dilakukan di gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng Jl Sam Ratulangi, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Kamis (14/10/2021).

Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura menerima piagam WTP Tahun 2020 dan plakat penghargaan WTP lima kali berturut turut bersama Bupati Banggai,Tojo Una Una, Buol dan Wali Kota Palu.

Sedangkan sembilan kabupaten mendapat piagam WTP Tahun 2020 yaitu Kabupaten Sigi, Donggala, Toli-Toli, Morowali, Morut, Poso, Balut dan Parigi Moutong.

Irfa Ampri menyampaikan apresiasi dan koordinasi terjalin intensif dengan semua pemangku kepentingan sehingga penghargaan dapat diraih.

"Pemerintah daerah terus menjalin komunikasi yang baik kepada seluruh stakeholder termasuk, BPK, BPKP, Departemen Keuangan untuk merumuskan strategi mengantisipasi berbagai tantangan dan proses penyusunan dan pemerikasaan LKPD tahun 2021," ungkapnya.

Lanjut Irfan menjelaskan, capaian WTP bagi daerah merupakan gambaran kondisi sebuah penyelenggaraan pemerintah daerah (pemda)

Sebab pemda kata ia, telah mampy menerapkan transparansi dan good governance khususnya di dalam pengelolaan keuangan daerah.

Irfan juga meminta agar pemda melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan pertanggung jawaban APBN dan APBd tahun anggaran 2021.

"Wujudkan pertanggungjawaban APBN dan APBD tahun anggaran 2021 yang kredibel , transparan dan Akuntabel dan mengoptimalkan peran Aparat Pengawas Interen Pemerintah (APIP) dalam mengawal pandemi COVID-19," tandasnya.

Dalam hal yang sama, Rusdy Mastura juga menyampaikan apresiasinya kepada Kanwil DJPB Sulteng.

Apresiasi tersebut atas nama menteri Keuangan RI yang memberikan penghargaan kepada Pemprov Sulteng dan kabupaten kota.

"Hal ini merupakan sarana pembuktian kepada pemerintah daerah bahwa tata kelola keuangan daerah yang dilaksanakan sudah akuntabel, transparan sesuai dengan perundang- undangan yang berlaku dan semoga kedepan seluruh yata kelola pemerintah daerah mendapat Opini WTP atas LKPD Tahun 2021," harap Gubernur Sulteng. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved