Ganjar Pranowo Ungguli Anies Baswedan di 11 Aspek Sebagai Capres 2024, Sandiaga Uno Dibawah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari 11 aspek survei Politika Research & Consulting

Editor: Putri Safitri
Handover
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

TRIBUNPALU.COM - Ajang pemilihan presiden (Pilpres) baru akan digelar pada tahun 2024 mendatang.

Namun, sejumlah tokoh disebut sudah bakal maju pada ajang ini.

Diantaranya ialah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Lembaga survei Politika Research & Consulting (PRC) bersama Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis hasil survei kandidat calon presiden 2024.

Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno menyampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari 11 aspek survei tersebut.

"Ini kalau dibaca secara umum rekap skor 11 aspek yang kita tanyakan tadi, maka muncullah Ganjar Pranowo tertinggi dengan 7,51. Disusul Anies Baswedan dengan nilai 7,31," ujar Adi seperti dalam keterangan tertulisnya.

Adi membeberkan 11 aspek tersebut antara lain visioner, kepemimpinan politik, intelektualitas, keterampilan politik, keterampilan komunikasi politik, dan stabilitas emosi.

Kemudian ada pula aspek gaya kepemimpinan, nasionalisme dan religiusitas, penampilan, integritas moral, dan kapabilitas.

Lebih lanjut, Adi menjelaskan survei ini dilakukan terhadap tokoh-tokoh kunci atau Key Opinion Leader (KOL).

Dia menyatakan para tokoh yang diwawancarai tak berafiliasi dengan partai politik dan memiliki latar belakang pendidikan tinggi.

"Orang-orang yang kita wawancarai ini kita anggap paham betul situasi politik sosial, bahkan soal roadmap capres 2024," ucapnya.

Survei PRC dan PPI dilakukan pada 5 Januari-5 Februari 2022 terhadap 207 tokoh dari enam unsur di 34 provinsi.

Enam unsur tersebut antara lain perguruan tinggi, media massa, dunia usaha, ormas keagamaan, institusi budaya, dan lembaga swadaya masyarakat.

Pengukuran dalam survei KOL ini menggunakan Skala Likerts.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved