SEDANG BERLANGSUNG: Kunjungan Wisatawan Mancanegara Kian Meningkat ke Kepulauan Togean

Selama 2022, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepulauan Togean sudah mencapai 140 orang, sementara kunjungan domestik mencapai 10 ribu lebih

Penulis: Putri Safitri | Editor: mahyuddin

TRIBUNPALU.COM, TOUNA - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tojo Una-una Muhamad Arsyad memaparkan potensi Wisata Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah.

Potensi Wisata Kepulauan Togean dipaparkan Muhamad Arsyad saat menjadi narasumber Tribun Motesa-tesa, via Zoom, Rabu (29/6/2022).

Kepulauan Togean secara administratif masuk Kabupaten Tojo Una-Una.

Pulau ini terletak di kawasan Teluk Tomini.

Pulau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Togean.

"Sebelum pandemi, kunjungan 2018 ke Togean mencapai 20 ribu lebih terdiri dari wisatawan mancanegara dan domestik. Pada saat pandemi, terjadi penurunan signifikan. Makanya tahun ini, pemulihan pariwisata, kita coba bangkit kembali dengan pengobatan supaya bisa ramai lagi," kata Muhamad Arsyad.

Dia menyebutkan, tingkat kunjungan wisatawan mancanegara selama 2022, ke Kepulauan Togean mencapai 140 orang, sementara kunjungan domestik mencapai 10 ribu lebih.

"Ada beberapa resort di Togean yang bisa menjadi tempat tinggal wisatawan. Tercatat di data kami 20 resort yang ada. Tarifnya pun sangat terjangkau, dimulai harga Rp 250 ribu per orang, sudah termasuk tarif makan tiga kali sehari. Sedangkan tarif tertingginya seharga Rp 2,5 Juta per orang, " jelas Muhamad Arsyad.

Dia menyebutkan, Wisata Togean menawarkan keindahan bawah laut dan endemik yang tidak ada di daerah lain.

Bahkan, ada danau ubur-ubur, yang hanya ada tiga di Indonesia.

"Ubur-ubur di sini bukan jenis menyengat sehingga bisa menyelam dengan aman," tutur Muhamad Arsyad.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved