Kemenkumham Sulteng

Upacara Hari Dharma Karya Dhika Ke-77 di Banggai Berlangsung Khidmat

Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 Tahun 2022, Jumat (19/8/2022).

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Upacara Hari Dharma Karya Dhika Ke-77 di Banggai Berlangsung Khidmat - Bupati-Banggai-Amirudin-Tamoreka-menjadi-Inspektur-Upacara-dalf.jpg
TRIBUNPALU.COM/ASNAWI ZIKRI
Bupati Banggai Amirudin Tamoreka menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan HDKD ke-77 Kemenkumham RI, di Kantor Imigrasi Banggai Kawasan Bukit Halimun Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Jumat (19/8/2022).
Upacara Hari Dharma Karya Dhika Ke-77 di Banggai Berlangsung Khidmat - pemotongan-kue-ulang-tahun-Kemenkumham-yang-dilakukan-ofdew.jpg
Handover
Pemotongan kue ulang tahun Kemenkumham yang dilakukan oleh Bupati Banggai.
Upacara Hari Dharma Karya Dhika Ke-77 di Banggai Berlangsung Khidmat - Kantor-Imigrasi-Kelas-II-Non-TPI-Banggai-melaksanakan-kegiatan-Upacara-f.jpg
Handover
Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 Tahun 2022, Jumat (19/8/2022).

TRIBUNPALU.COM, BANGGAi - Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 Tahun 2022, Jumat (19/8/2022).

Upacara berlangsung di lapangan upacara Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai.

Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka bertindak sebagai inspektur upacara tersebut.

Turut hadir Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furanuddin, Dandim Luwuk Banggai, Kapolres Banggai, Perwakilan Otoritas Bandara Syukuran Aminudin Amir Luwuk, Kepala Lapas Luwuk, Kepala Bapas Luwuk, serta segenap jajarannya.

Upacara dimulai dengan laporan ketua penyelenggara Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai, Wijaya Adibrata

Dilanjutkan dengan penghormatan Panji-Panji Pengayoman, pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, amanat inspektur upacara dengan membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Prof. Yasonna H. Laoly, Ph.D., serta persembahan yel-yel dari jajaran Kantor Imigrasi Banggai.

Baca juga: Bupati Amirudin Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-77 Kemenkumham di Kantor Imigrasi Banggai

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun Kemenkumham yang dilakukan oleh Bupati Banggai.

Potongan kue pertama diberikan kepada Kepala Kantor Imigrasi Banggai, kemudian Kepala Lapas Luwuk Banggai, dan Kepala Bapas Luwuk Banggai.

Dalam laporan ketua penyelenggara kegiatan HDKD Ke-77 tahun 2022 ini, Kepala Kantor Imigrasi Banggai menyampaikan beberapa hal.

Pertama, Bulan Oktober 2021, secara resmi telah ditetapkan bahwa hari lahir Kementerian Hukum dan HAM adalah tanggal 19 Agustus 1945, sehingga peringatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus setiap tahunnya.

Kedua, pada HDKD Tahun 2022 ini, Kemenkumham mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK”.

Ketiga, HDKD ke-77 tahun 2022 memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang memberikan manfaat kepada pegawai dan masyarakat, terutama masyarakat di Kabupaten Banggai.

Baca juga: Peringati Hari Dharma Karya Dhika, Kemenkumham Sulteng Gelar Upacara Tabur Bunga di TMP Tatura Palu

Keempat, rangkaian kegiatan tersebut terdiri atas Bakti Sosial, Donor Darah, Pertandingan Olahraga, Pelayanan Paspor Masuk Desa, Upacara dan Ziarah Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Tuwis Luwuk, Virtual Run dan Bersepeda.

Selain itu, dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM menyampaikan beberapa poin penting, di antaranya keberhasilan Kementerian Hukum dan HAM meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke-13 kalinya, terkait laporan keuangan dan transparansi di Kemenkumham.

Menteri Hukum dan HAM menegaskan bahwa insan pengayoman harus memahami tugas utama “core business”, untuk menciptakan kepercayaan publik “public trust”, sehingga ada legitimasi “legitimacy” dari masyarakat. Dalam menjaga kualitas pelayanan publik tersebut, setiap pimpinan dan pegawai harus siap dengan era digital 5.0, melalui pemikiran kritis (critical thinking), serta kemampuan komunikasi dan kolaborasi (communication and collaboration).

Menteri Hukum dan HAM mengingatkan seluruh jajaran dalam menghadapi tahun politik pada tahun 2023 dan 2024. Pertama, sebagai ASN, harus tetap netral, tidak memihak pada kelompok tertentu, dan tidak ikut politik praktis. Kedua, meskipun masih dalam keadaan pandemi Covid-19, kinerja dan produktivitas dalam pencapaian target kinerja jangan sampai terganggu.

Ketiga, dalam menghadapi situasi krisis global energi, pangan, keuangan, setiap jajaran harus menyiapkan rencana dan kontijensi untuk merespon isu-isu tersebut. Keempat, setiap insan pengayoman wajib mewaspadai adanya serangan dan ancaman siber, serta menjauhkan diri dari paham radikalisme, penggunaan narkoba, dan pelecehan seksual.

Kegiatan upacara ini ditutup dengan syukuran, ramah tamah dan makan siang. 

Diharapkan bahwa semangat HDKD Tahun 2022 ini dapat membentuk pegawai Kementerian Hukum dan HAM menjadi insan produktif sehingga akan berdampak positif dengan meningkatnya kualitas dan kuantitas pelayanan kepada masyarakat serta membangun kepercayaan publik. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved