Festival Makassar F8: Dibuka Menteri Sandiaga Uno, 10 Negara Tetangga Hadir

Ada empat tokoh nasional saling berbalas pantun sebagai bentuk dukungan penuh untuk Makassar F8.

Editor: mahyuddin
handover
Makassar International Eight Festival and Forum (F8) atau Makassar F8 dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Uno. Makassar F8 tahun ini merupakan kali pertama dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno. 

TRIBUNPALU.COM - Pascapandemi Covid-19, Makassar International Eight Festival and Forum (F8) atau Makassar F8 dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Uno.

Makassar F8 tahun ini merupakan kali pertama dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno.

Makassar F8 tahun ini adalah yang kelima kali digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama PT Festival Delapan Indonesia.

Pembukaan sangat meriah dihadiri tokoh nasional seperti Wakil Menteri Desa Budi Arie, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Tidak hanya dihadiri tamu nasional, kegiatan itu juga turut dihadiri negara sahabat seperti Australia, Jepang, Malaysia, Jerman, Perancis, Cheko, Portugal, Singapura, Thailand, dan Kroasia.

“Jadi negara yang hadir delegasi embassy Australia, Jepang, Malaysia, Jerman dan Perancis. Mereka diwakili oleh Konjen atau Konsul Honorary. Kalau Kroasia partisipasinya dalam hal mendukung dan minta untuk dikibarkan benderanya,” ucap Wawan, Direktur F8 melalui rilis tertulisnya, Jumat (7/9/2022).

Sebelumnya, empat tokoh nasional menerima badik pusaka dari Tobarania Makassar yang diberikan langsung oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto dan disaksikan Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani.

Badik merupakan pusaka daerah budaya Makassar yang merupakan simbol keberanian, keperkasaan, dan harga diri sebagai petarung sejati. Sesusai dengan konsep F8 tahun ini yakni Makassar F8 Energy Of Recover.

“Penyerahan badik pusaka tersebut memiliki makna menyambut para petarung tokoh nasional calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia. Energy Of Recovery yaitu kita menampilkan simbol keneranian. Salah satunya badik yang merupakan simbol harga diri dan keberanian," kata Danny.

Tak hanya itu para hadirin juga disambut dua tarian yang dibawakan langsung 500 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang serentak mengenakan busana merah dipadukan bando kuning keemasan dan siswa mengenakan topi runcing merah tobaraniyya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved