5 Program Studi dan Pekerjaan Terbaik yang Bakal Jadi Tren pada Tahun 2020

Tren pekerjaan di masa sekarang tentu berbeda dari tren yang ada beberapa tahun lalu, mengingat begitu pesatnya perkembangan teknologi manusia.

economictimes.indiatimes.com
Ilustrasi Pekerjaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Tren pekerjaan di masa sekarang tentu berbeda dari tren yang ada beberapa tahun lalu, mengingat begitu pesatnya perkembangan teknologi manusia.

Disrupsi teknologi, perubahan iklim, otomatisasi robot, keterbatasan sumber daya alam, energi terbarukan, sharing economy, komputasi awan, mahadata hingga kecerdasan buatan menjadi tantangan sekaligus mengubah cara orang bekerja saat ini dan karier di masa depan.

Untuk para lulusan yang baru memulai perjalanan karir hal ini menjadi prospek menarik dengan banyaknya industri baru yang muncul.

Hal ini juga dapat menjadi petunjuk pilihan studi yang diprediksi akan memiliki masa depan cerah.

Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings bersama dengan universitas riset Macquarie University, Sidney, Australia mencoba memetakan pekerjaan dan program studi apa saja yang akan menjadi paling 'panas' dan jadi pilihan terbaik di tahun 2020:

1. Keamanan Siber

Permintaan akan profesional keamanan siber untuk berbagai industri termasuk teknologi, hiburan, telekomunikasi, perbankan, keuangan, dan akuntansi terus meningkat setiap tahunnya.

Dengan penggunaan teknologi informasi yang semakin meluas, kemungkinan merintis karier di bidang ini menjadi sangat terbuka lebar.

Sejumlah universitas berpikiran maju sudah bersiap-siap dengan membuka program studi khusus keamanan siber untuk program sarjana atau pascasarjana baik untuk bidang komersial, aplikasi pribadi dan industri.

Program studi: Permintaan profesional TIK (Teknik Informasi dan Komputer) diprediksi akan meningkat hingga 26,5 persen tahun 2020 sehingga meraih gelar sarjana bidang Teknologi Informasi atau master di bidang Teknologi Informasi menjadi pilihan menantang.

Halaman
1234
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved