Breaking News:

Palu Hari Ini

Palu Hari Ini: AHA Center Bangun Huntap Kampung ASEAN di Kelurahan Tondo

Lokasi huntap Kampung ASEAN itu berada tepat di belakang lokasi Universitas Tadulako.

TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Wali Kota Palu Hidayat, saat melakukan peletakan batu pertama pembangun huntap Kampung ASEAN di Kelurahan Tondo, Selasa (6/8/2019) siang. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - The ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Centre), membangun 75 unit hunian tetap di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Pembangun huntap untuk pemilihan pascabencana di Kota Palu, mulai dilakukan Selasa (6/8/2019) siang.

Direktur Eksekutif AHA Center Adelina Kamal,Wali Kota Palu Hidayat, dan Kepala Kejaksaan Negeri Palu Subeno turut hadir dalam seremoni peletakan batu pertama pembangunan huntap Kampung ASEAN itu.

Lokasi huntap Kampung ASEAN itu berada tepat di belakang lokasi Universitas Tadulako.

Palu Hari Ini: Peserta Forum Bisnis Daerah di Palu Diminta Berani Hadapi Tantangan

Direktur Eksekutif AHA Center, Adelina Kamal mengatakan, pembangunan huntap sebanyak 75 unit itu, dapat terlaksana berkat bantuan sumbangan masyarakat negara Filipina dan Brunei Darussalam.

Sebenarnya, AHA Center berencana membangun huntap di lokasi itu sebanyak 100 unit, namun yang dapat direalisasikan pada tahap I sebanyak 75 unit.

Direktur Eksekutif AHA Center Adelina Kamal, saat melakukan peletakan batu pertama pembangun huntap Kampung ASEAN di Kelurahan Tondo, Selasa (6/8/2019) siang.
Direktur Eksekutif AHA Center Adelina Kamal, saat melakukan peletakan batu pertama pembangun huntap Kampung ASEAN di Kelurahan Tondo, Selasa (6/8/2019) siang. (TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin)

"Ini untuk membantu mewujudkan program pemerintah dalam penyediaan huntap bagi korban yang terdampak bencana alam," kata Adelina.

Untuk memastikan pengerjaan huntap oleh AHA Center itu berjalan baik, Wali Kota Palu Hidayat, meminta kepada OPD terkait untuk membantu kelancaran pembangun huntap.

"Seperti perataan lahan, dan kebutuhan lainnya, mohon PU dan Dinas Tata Ruang bisa membantu," kata Wali Kota Palu Hidayat.

Prakiraan Cuaca Sulawesi Tengah, Rabu 7 Agustus 2019: Kota Palu Cerah, Poso Diguyur Hujan Lokal

Lanjut Hidayat, pihaknya berharap agar AHA Center bisa menambah lagi jumlah huntap yang akan dibangun di lokasi tersebut.

Sebab kata Hidayat, kebutuhan huntap di Kota Palu saat ini sekitar 7.000 huntap.

Untuk lokasi relokasi di Kelurahan Tondo itu, sudah ada sejumlah NGO yang menyatakan membangun huntap, termasuk Yayasan Buddha Tzu Chi, Apeksi, dan AHA Center.

"Untik lahan, di sini masih bisa dilakukan penambahan pembangunan huntap, jadi kami siap menerima bagi siapa saja yang ingin membangun huntap untuk korban bencana di Kota Palu," tandas Hidayat.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved