Ribuan Mahasiswa Gorontalo Berunjuk Rasa Protes UU KPK

Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Gorontalo melalukan unjuk rasa di bundaran Tugu Saronde, Rabu (25/9/2019).

Ribuan Mahasiswa Gorontalo Berunjuk Rasa Protes UU KPK
KOMPAS.com/ ROSYID AZHAR
Ribuan mahasiswa berunjuk rasa di Gorontalo memprotes UU KPK dan RUU KUHP, Rabu (25/9/2019). 

TRIBUNPALU.COM - Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Gorontalo melalukan unjuk rasa di bundaran Tugu Saronde, Rabu (25/9/2019).

Demo mahasiswa itu memprotes RUU KUHP UU KPK, dan sejumlah kebijakan pemerintah yang dianggap mengekang kebebasan masyarakat.

Tugu Saronde yang berada di tengah kota menjadi lokasi strategis pertemuan sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus di Gorontalo.

Mereka berasal dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai, Univeristas Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Sekolah Tinggi rumpun Bina Taruna, Universitas Ichsan, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Selain mahasiswa, sejumlah pengurus KNPI juga melakukan orasi yang mengkritik kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Kita akan lawan kesewenang-wenangan, hidup mahasiswa!" kata salah seorang orator yang menaiki kendaraan bak terbuka di samping Tugu Saronde.

Situasi Tak Kondusif Disebut Upaya Gagalkan Pelantikan Presiden,Fahri Hamzah: Jokowi Tak Perlu Takut

Yel-yel diteriakkan orator yang disambut gemuruh ribuan mahasiswa.

Bendera-bendera dari berbagai elemen kampus juga dibawa, mereka mengarakknya di sekitar bundaran ini.

Akibat kehadiran mahasiswa ini, jalur macet total. Sejumlah petugas kepolisian mengalihkan lalu lintas ke arah jalan lain.

SPBU yang tepat di pinggir bundaran ini tutup, tidak melayani pengisian bahan bakar.

Setelah melakukan orasi sambil menunggu kedatangan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya, mereka kemudian berjalan ke arah gedung DPRD Provinsi Gorontalo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ribuan Mahasiswa Gorontalo Mulai Berunjuk Rasa Protes UU KPK"

Editor: Imam Saputro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved