Tersangka Otak Pembakaran Lapas Perempuan Palu Sebut Tindakan Bakar Lapas Sebagai Bentuk Solidaritas

Tenri Sanna dan temannya Mola ditetapkan kepolisian sebagai pelaku yang merancang pembakaran Lapas Perempuan Palu yang terjadi pada Senin (29/9/2019)

Tersangka Otak Pembakaran Lapas Perempuan Palu Sebut Tindakan Bakar Lapas Sebagai Bentuk Solidaritas
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Tersangka pembakaran LPP Kelas III Palu berada di Polres Sigi, Selasa (8/10/2019) siang. 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Salah seorang tersangka otak pembakaran Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Palu di Desa Maku, Kabupaten Sigi, Tenri Sanna, mengaku dirinya melakukan aksi itu hanya sebagai bentuk solidaritas antarnarapidana.

Hal itu diakui Tenri Sanna, saat dibawa ke Mapolres Sigi, Rabu (9/10/2019) sore.

Tenri Sanna dan temannya Mola ditetapkan kepolisian sebagai pelaku yang merancang pembakaran Lapas Perempuan Palu yang terjadi pada Senin (29/9/2019) lalu.

Keduanya dibantu 8 orang tersangka lainnya untuk melakukan pembakaran.

Akibatnya 46 dari 102 narapidana kabur saat terjadi kebakaran Lapas Perempuan tersebut.

Tenri Sanna bersama 7 tersangka lainnya sudah berhasil ditangkap pihak kepolisian, sedangkan Mona dan seorang lainnya masih dalam pencarian.

Menurut Tenri, tindakan nekat mereka itu didasari berbagai macam alasan, salah satunya menuntut untuk mendapatkan remisi gempa yang telah dijanjikan.

Tenri mengaku bahwa dirinya hanya diajak oleh Mona untuk melakukan aksi nekat perencanaan dan pembakaran Lapas Perempuan tersebut.

"Yang dijanjikan remisi gempa seperti kasus narkoba dan lain-lain, kalau saya tidak ada, ikut meramaikan saja," jelas Tenri Sanna.

Diketahui Tenri Sanna, sebelumnya ditangkap di Desa Wosu, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali terkait pembunuhan istri dari anggota Kodim 1311/Morowali pada awal tahun 2018.

Namun masa hukumannya itu terancam akan bertambah.

Sebab, akibat tindakannya melakukan pembakaran dan pengrusakan Lapas Perempuan itu, hukuman Tenri terancam ditambah selama 12 tahun.

(TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)

Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved