Info BMKG

BMKG Tanggapi Viralnya Pesan Hoax Cuaca Panas Ekstrem Selama 3 Hari di WhastApp

BMKG menegaskan pesan berantai berisi info cuaca panas ekstrem yang beredar masif via WhatsApp adalah kabar bohong alias hoaks.

BMKG Tanggapi Viralnya Pesan Hoax Cuaca Panas Ekstrem Selama 3 Hari di WhastApp
TribunJogja.com
BMKG menegaskan pesan berantai berisi info cuaca panas ekstrem yang beredar masif via WhatsApp adalah kabar bohong alias hoaks. 

TRIBUNPALU.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan pesan berantai berisi info cuaca panas ekstrem yang beredar masif via WhatsApp adalah kabar bohong alias hoaks.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengatakan kebenaran informasi itu tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"Berdasarkan pengamatan di BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, suhu udara maksimum tanggal 22 dan 23 Oktober 2019 adalah 32 derajat Celcius (C)."

"Suhu maksimum selama 5 hari terakhir yaitu antara 31 – 36 derajat C. Suhu 36 derajat C terjadi pada tanggal 21 Oktober 2019 dan hari berikutnya hingga hari ini tanggal 23 Oktober 2019, tren suhu menunjukkan penurunan," tulis Reni Kraningtyas dalam siaran persnya, Rabu (23/10/2019).

Reni Kraningtyas pun meminta masyakarat menyebarluaskan informasi itu.

Ini Perjalanan Karier Idham Azis; Pernah jadi Kapolda Sulteng hingga Akrab di Bidang Anti Terorisme

Ia juga mengimbau warga berwaspada terkait fenomena angin kencang dan hujan deras bersifat lokal, saat masa pancaroba ini.

Selain itu, masyarakat perlu menjaga kesehatan, lantaran kondisi cuaca yang tak menentu ini.

Tak hanya melalui siaran pers, BMKG pun mengunggah klarifikasi ini di akun resmi Instagram dan Twitter-nya.

"Ada yang dapat broadcast seperti ini di WhatsApp? Biasanya sih paling cepet di wa group... Sambil menunggu release resmi dari deputi meteorologi BMKG yang akan Mimin update nanti. Mimin mau bilang kalau informasi yang beredar adalah informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan atau masuk kategori hoax," tulis @infobmkg.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

Halaman
123
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved