Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah karena Virus Corona, Menko PMK Minta Jamaah Bersabar

"Kan umrah ini ibadah, ibadah harus ikhlas. Kalau memaksa kan enggak baik, enggak cocok, ibadah kok ngotot," kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Tribun Batam/Candra P. Pusponegoro
Umat muslim sedang berdoa di depan Kakbah di Kota Mekkah, Arab Saudi, (7/6/2012) lalu. Sepanjang waktu, tempat ini selalu dibanjiri umat Islam dari seluruh dunia untuk mereka yang menunaikan ibadah umrah dan haji. 

TRIBUNPALU.COM - Menteri Koordonator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta para jemaah yang sudah membayar tiket dan akomodasi umrah bersabar setelah Arab Saudi menangguhkan visa umrah demi mencegah masuknya virus corona.

"Saya mohon kesabarannya kalau mereka yang akan berangkat umrah sekarang mengalami penangguhan ini," kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

"Kan umrah ini ibadah, ibadah harus ikhlas. Kalau memaksa kan enggak baik, enggak cocok, ibadah kok ngotot. Kalau di sana tertutup enggak boleh ada perjalanan umrah diterima dengan sabar," ucap dia.

Arab Saudi Tangguhkan Umrah karena Virus Corona, Menteri Agama Minta Masyarakat Memaklumi

Anies Baswedan Tuai Kritikan karena Banjir Jakarta, Menteri PUPR Ungkap Cara Ideal Penanganan Banjir

6 Artis Terseret Kasus Pembobolan Kartu Kredit Gegara Endorse, Boy William Dapat Honor Paling Tinggi

PGRI Minta Tersangka Kasus Susur Sungai di SMPN 1 Turi Kembali Jadi Guru Setelah Bebas dari Bui

Ia pun menyatakan bakal menghubungi Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi untuk meminta penjelasan soal penangguhan visa umrah akibat virus corona.

Ia pun meminta masyarakat menghormati keputusan Arab Saudi tersebut.

"Saya akan berkoordinasi dengan pihak terkait terutama Kemenag. Saya juga akan hubungi Kedubes Arab Saudi meminta kepastian dasarnya. Toh pada prinsipnya kan itu hak pemerintah Arab Saudi untuk menerima atau tidaknya," ucap dia.

Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2/2020), tak hanya visa umrah, Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

(Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Penangguhan Visa Umrah, Menko PMK: Sabar dan Ikhlas, Ibadah Jangan Ngotot"

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved