Virus Corona

Pesan Dokter Handoko Gunawan untuk Tenaga Medis: Hati-hati Corona Lihai Menyebar di Udara 8 Jam

Dokter Handoko Gunawan memberikan pesan untuk para tenaga medis dalam menangani pasien corona.

KOLASE Facebook/Arip Budiman via TribunMedan.com
dr. Handoko Gunawan, Sp.P 

TRIBUNPALU.COM - Usianya sudah 80 tahun. Namun semangat Dokter Handoko Gunawan dalam membantu penanganan pasien Covid-19 tak pernah padam.

Bahkan, disaat dirinya masih dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, dia masih memberikan semangat kepada tenaga medis yang berada di garis terdepan menangani pasien Covid-19.

"Saya belum kuat diwawancara," kata Dokter Handoko Gunawan mengawali perbincangan dengan Tribun Network, Senin (23/3/2020).

Ia meminta agar wawancara dilakukan lewat teks, karena tak bisa berbicara banyak.

Dalam perbincangan bersama Tribun Network, Dokter Handoko Gunawan ingin menyampaikan pesan kepada seluruh tenaga medis di Indonesia untuk tidak takut.

dr Handoko Ceritakan Kondisi Terkininya ke Ganjar Pranowo: Capek Luar Biasa, Situasinya Buruk Sekali

Namun tidak mengabaikan keselamatan serta kesehatan saat bertugas."Tenaga medis jangan takut," ujar Dokter Handoko Gunawan.

 

Dokter Handoko Gunawan berpesan kepada tenaga medis untuk berhati-hati. Sebab virus corona Covid-19 ini bisa menyebar di udara.

"Tapi hati-hati sekali virus (corona) ini sangat lihai menyebar di udara 8 jam kecil sekali 120 milimeter," kata Dokter Handoko Gunawan.

Nyawanya Diselamatkan dr Handoko Gunawan, Pasien Ini Kenang Guyonan sang Dokter: Kamu Bisa Meninggal

Fakta Handoko Gunawan, Dokter Berusia Lanjut yang Tangani Virus Corona, Sempat Trending di Twitter

Karena itu penting bagi tenaga medis dilengkapi oleh Alat Pelindung Diri (APD). "Lengkapi diri baik. Gizi bagus tetapi gaji tenaga medis mana bisa gizi baik. Jangan lupa tawakal kepada tuhan," pintanya.

Menurutnya, tenaga medis yang berhadapan langsung dalam penanganan Covid-19 memiliki hak dilengkapi peralatan lengkap."Siapkan peralatan. Itu hak kita biar tidak mati sia-sia. Perbaiki gizi," kata dia.

Halaman
123
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved