Covid-19 di Indonesia, Keluarga Staf dan Diplomat AS yang Berusia di Bawah 21 Tahun Diminta Pulang

Keluarga dari staf maupun diplomat AS di Kedubes Jakarta, Konsulat Jenderal AS Surabaya dan Medan untuk segera meninggalkan Indonesia.

Covid-19 di Indonesia, Keluarga Staf dan Diplomat AS yang Berusia di Bawah 21 Tahun Diminta Pulang
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
ILUSTRASI virus corona COVID-19. 

TRIBUNPALU.COM - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat meminta agar keluarga dari staf maupun diplomat AS di Kedubes Jakarta, Konsulat Jenderal AS Surabaya dan Medan untuk segera meninggalkan Indonesia, lantaran pandemi Covid-19.

Pengumuman "Alert Corona" itu disampaikan melalui website resmi Kedubes AS Jakarta pada Kamis (26/3), yang meminta anggota keluarga pegawai kedubes berusia 21 tahun ke bawah segera keluar dari wilayah RI.

"Kementerian Luar Negeri AS mengambil keputusan ini karena mewabahnya Covid-19 di Indonesia, dengan melihat perkembangan kapasitas medis dan penerbangan keluar Indonesia yang masih tersedia meski berkurang signifikan," tulis pengumuman itu.

Tips Psikiater agar Tidak Ikut Merasa Sakit saat Baca Berita Virus Corona bagi Orang Psikosomatis

Siapkan Dua Skenario Ibadah Haji 2020, Kemenag: Diselenggarakan atau Dibatalkan

Amerika Serikat Catat Kasus Virus Corona Terbanyak: Total 82 Ribu Kasus per Kamis (26/3/2020)

Ditegaskan pengumuman itu pula, bahwa Kedubes Jakarta, dan dua kantor Konsulat AS Surabaya dan Medan tetap buka untuk melayani fungsi dan misi penting. Layanan tetap tersedia untuk warga AS di seluruh Indonesia.

Warga AS yang ingin meninggalkan Indonesia diminta mengatur perjalanannya sendiri sehubungan masih tersedianya penerbangan komersial dari Indonesia sesegara mungkin, kecuali jika ingin tetap berada di luar negeri. 

Diketahui sebelumnya, sejak 18 Maret Kedutaan Besar AS di seluruh dunia termasuk Indonesia menghentikan layanan visa untuk sementara.

Presiden Donald Trump melarang pendatang yang selama 14 hari terakhir berada di Tiongkok dan Iran, sementara bagi warga AS hanya diperbolehkan masuk dari 11 bandara yang sudah ditentukan dan kemudian menjalani pemeriksaan.

(Tribunnews.com, Rina Ayu)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Indonesia Pandemi Corona, Diplomat AS Diminta Ungsikan Keluarganya Usia 21 Tahun ke Bawah

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved