Breaking News:

Kemenag Tunggu Kepastian Penyelenggaraan Haji 2020 dari Arab Saudi hingga Akhir Ramadan

Kepastian terkait penyelenggaraan ibadah haji 1441 Hijriyah atau 2020 Masehi belum menemui titik terang.

Penulis: Clarissa Fauzany Priastuti
Editor: Lita Andari Susanti
Bandar Aldandani/AFP
Potret Masjidil Haram di Kota Mekah, Arab Saudi 

TRIBUNPALU.COM - Kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1441 Hijriyah atau 2020 Masehi belum menemui titik terang.

Hal ini lantaran adanya pandemi Covid-19 atau virus corona yang turut menyebar di tanah air maupun Arab Saudi sebagai lokasi diselenggarakannya ibadah tersebut.

Pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Agama hingga saat ini masih menunggu keputusan dari pihak Arab Saudi.

Terkait dengan hal tersebut, Kemenag menyebut pihaknya memberikan batas akhir kepastian penyelenggaraan haji hingga 20 Mei 2020 atau akhir Ramadhan 1441 H.

Kemenag Pastikan Dana Jamaah Haji Tidak Digunakan untuk Penanganan Virus Corona

Usulan tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI yang digelar secara virtual pada Senin (11/5/2020).

"Pada kesempatan Raker ini, kami mengusulkan batas waktu terakhir menunggu kepastian Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1441 H/2020 M dari Pemerintah Arab Saudi adalah pada tanggal 20 Mei 2020 atau pada akhir bulan Ramadhan tahun 1441 H, sebelum Arab Saudi berlibur musim panas sampai dengan minggu kedua Juni 2020," ungkapnya sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag.

Batas akhir ini sendiri dimaksudkan untuk mengetahui ketersediaan waktu guna mempersiapkan pelaksanaan haji 2020 oleh pemerintah Indonesia.

"Selain itu, batas waktu terakhir tersebut juga akan menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan estimasi kondisi penanganan wabah Covid-19 terkait persiapan-persiapan haji di dalam negeri dan pelaksanaanya nanti di Arab Saudi," terangnya.

Siapkan Dua Skenario Ibadah Haji 2020, Kemenag: Diselenggarakan atau Dibatalkan

Dua skenario penyelenggaraan haji 2020

Di samping menanti keputusan pihak Arab Saudi selaku tuan rumah penyelenggaraan ibadah haji, pemerintah Indonesia juga tengah menyusun rencana cadangan atau contingency plan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved