Di Qatar, Warga yang Tak Pakai Masker bisa Didenda Rp815 Juta dan Terancam Penjara 3 Tahun

Dengan hukuman penjara 3 tahun atau denda Rp 815 juta atau hampir Rp 1 miliar, menjadikan hukuman pelanggar lockdown terberat di dunia ada di Qatar.

NICOLAS ASFOURI / AFP
Orang-orang yang memakai masker wajah di tengah pandemi coronavirus COVID-19 melintasi jalan di Beijing pada 5 April 2020. 

TRIBUNPALU.COM - Guna memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19, sejumlah negara memberikan sanksi bagi pelanggar kebijakan lockdown.

Salah satu di antaranya adalah Qatar.

Qatar bahkan memberlakukan hukuman terberat di dunia bagi para pelanggar kebijakan lockdown atau semacam Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Indonesia.

Pemerintah setempat akan menghukum para pelanggar hingga tiga tahun penjara untuk memerangi penyebaran virus corona atau Covid-19 yang terus meningkat di negara tersebut.

Bentuk pelanggaran dengan ancaman hukuman hingga 3 tahun penjara tersebut antara lain tidak memakai masker di tempat umum.

Dailymail.co.uk melaporkan, kasus virus corona Covid-19 di Qatar kini lebih dari 30.000 orang.

Dengan demikian 1,1 persen 2,75 juta penduduk Qatar kini dinyatakan positif Covid-19, meskipun baru 15 orang yang meninggal.

Selama Libur Idul Fitri, Mesir akan Perpanjang Jam Malam dan Hentikan Transportasi

Resolusi WHO untuk Selidiki Asal-usul Virus Corona Covid-19 dapat Dukungan dari 100 Negara Lebih

Tipe Corona di Indonesia Beda dengan Negara Lain, Apakah Vaksinnya Juga Berbeda? Ini Penjelasannya

Qatar adalah negara Teluk yang kecil dan bertetangga dengan Arab Saudi.

Sementara itu, hanya negara mikro San Marino dan Vatikan yang memiliki tingkat infeksi per kapita yang lebih tinggi, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

Pelanggar aturan baru Qatar akan menghadapi hukuman tiga tahun penjara dan denda sebanyak $ 55.000 atau setara Rp 815.119.800 (Rp 815 juta) jika kurs rupiah dihitung Rp 14.820/dolar.

Halaman
123
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved