Hapus Istilah ODP, PDP & OTG Covid-19, Menkes Terbitkan 8 Definisi Operasional Baru, Ini Rinciannya

Dikutip dari Kepmenkes, istilah ODP digantikan 'Kontak Erat', PDP menjadi 'Kasus Suspek', dan OTG diganti dengan 'Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala'.

Kompas.com/Garry Lotulung
Menteri Kesehatan RI saat ini, Terawan Agus Putranto - Dikutip dari Kepmenkes, istilah ODP digantikan 'Kontak Erat', PDP menjadi 'Kasus Suspek', dan OTG diganti dengan 'Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala'. 

TRIBUNPALU.COM - Beberapa bulan belakangan, masyarakat telah akrab dengan istilah Orang dalam Pemantauan (ODP), Pasien dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Namun, kini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kembali mengklasifikasikan kasus Covid-19 dengan istilah baru.

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan terkait istilah baru dalam definisi operasional pada penanganan kasus Covid-19.

Melalui Kepmenkes Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020 Tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2020 (Covid-19), Menkes menggantikan istilah ODP, PDP, dan OTG dengan sejumlah definisi baru.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dr Terawan Agus Putranto saat meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019). Kini Terawan Agus Putranto menjabat sebagai Menteri Kesehatan RI.
 (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Dikutip dari Kepmen yang ditandatangani pada 13 Juli tersebut, istilah ODP digantikan dengan 'Kontak Erat', PDP menjadi 'Kasus Suspek', dan OTG diganti dengan 'Kasus Konfirmasi Tanpa Gejala (Asimptomatik)'.

Selain ketiga istilah itu, ada beberapa definisi operasional baru yang lebih spesifik.

Misal kasus negatif Covid-19 atau pasien sembuh diistilahkan dengan 'Discarded'.

Ada pula istilah lain yang diperkenalkan seperti Pelaku Perjalanan dan Selesai Isolai dengan definisi yang dijelaskan pada halaman 31 pada BAB III, Surveilans Epidemiologi.

Sebut New Normal Diksi Salah, Achmad Yurianto: Segera Ubah dengan Adaptasi Kebiasaan Baru

Berikut ini rincian delapan definisi operasional yang diterbitkan Kemenkes:

1. Kasus Suspek (menggantikan istilah PDP)

Halaman
1234
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved