Breaking News:

Ekonom Rizal Ramli Prediksi Pandemi Covid-19 Bakal Bertahan di Indonesia dalam Waktu Lama

Rizal Ramli mengatakan, saat ini untuk puncak gelombang pertama saja masih belum terjadi. Nantinya bisa saja muncul gelombang dua.

KONTAN
Rizal Ramli 

TRIBUNPALU.COM - Angka kasus infeksi virus corona Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin meningkat.

Bahkan hingga Kamis (16/7/2020) kemarin, ada total 81.668 kasus Covid-19 terkonfirmasi, dengan 3.873 kasus kematian dan total pasien sembuh tercatat 40.345 orang.

Ekonom senior Rizal Ramli menilai pandemi virus corona atau Covid-19 ini akan ada di Indonesia dalam waktu yang lama.

Dia mengatakan, saat ini untuk puncak gelombang pertama saja masih belum terjadi. Nantinya bisa saja muncul gelombang dua dan menjadi berkepanjangan.

Rizal Ramli pun menyebutkan, seharusnya Indonesia dapat mengatasi virus ini dengan cepat jika awal kehadiran Covid-19 direspons cepat.

"Kita harus lihat Vietnam, sampai saat ini menjadi negara yang tidak teralalu terdampak Covid-19. Karena cepat tanggap," ucap Rizal Ramli dalam diskusi online, Kamis (16/7/2020).

RUU Haluan Ideologi Pancasila Diubah Menjadi RUU BPIP, Puan Maharani Sebut Isinya Berbeda

Brigjen Prasetijo, Polisi yang Terbitkan Surat Jalan Djoko Tjandra, Sakit Setelah Dicopot Jabatannya

Novel Baswedan: Indonesia Benar-benar Berbahaya bagi Orang yang Memberantas Korupsi

Setelah Dinyatakan Positif Covid-19, Sekjen KY Tubagus Rismunandar Meninggal Dunia

Kemudian ia juga menyinggung, soal bagaimana reaksi para pejabat pemerintah saat awal-awal kasus COVID-19 masuk ke Indonesia.

"Ketika itu, banyak dari mereka yang sibuk membantah atau menyebut bahwa orang Indonesia tidak akan kena. Argumen yang pada dasarnya bohong. Sangat berbahaya sekali," kata Rizal.

Rizal juga membahas soal sikap takut petinggi negara untuk mengambil kebijakan lockdown, Padahal ia menyatakan Indonesia mampu jika harus menempuh langkah tersebut.

"Sebetulnya uangnya ada, 200 triliun, 300 triliun, ngasih makan rakyat. Uangnya ada dengan syarat semua proyek lain dihentikan dulu," ucap Rizal.

Rizal mengakui jika lockdown diterapkan selama dua minggu sampai satu bulan, ongkos finansialnya memang besar.

Namun, dalam waktu sebulan itu, penyebaran Covid-19 akan selesai.

Sebagai informasi, menurut data pada Kamis, 16 Juli 2020, jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia menembus angka 81.668 orang. Kemudian mereka yang sembuh 40.345 orang, dan yang meninggal 3.873 orang.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Prediksi Ekonom Rizal Ramli: Pandemi Covid-19 Akan Bertahan di Indonesia dalam Waktu Lama
Penulis: Hari Darmawan

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved