Breaking News:

Idul Adha 2020

Perayaan Idul Adha Dilakukan di Tengah Pandemi COVID-19, Menag: Protokol Kesehatan Harus Kita Taati

Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau agar umat Islam mentaati protokol kesehatan dalam perayaan Idul Adha 14411H. Berikut panduan selengkapnya.

Kemenag
Menteri Agama RI Fachrul Razi 

TRIBUNPALU.COM - Tidak terasa, Hari Raya Idul Adha 1441 H atau 2020 M akan segera datang.

Diketahui, perayaan hari raya umat Islam itu akan jatuh pada Jumat (31/7/2020) esok.

Berkaitan dengan hal itu, Menteri Agama Fachrul Razi memberikan imbauan agar masyarakat terkhusus umat Islam mentaati protokol kesehatan dalam perayaan Idul Adha tahun ini.

"Meskipun situasi saat ini sudah sedikit lebih baik dibanding saat Idul Fitri 1441 H pada akhir Mei lalu, namun protokol kesehatan tetap harus kita taati dengan sebaik-baiknya," kata Menag dalam konferensi pers pada Kamis (30/7/2020).

Protokol kesehatan tersebut, kata Fachrul Razi, harus dijalankan pada pelaksanaan salat Idul Adha maupun saat penyembelihan hewan kurban.

Shalat Idul Adha Sendiri atau Munfarid di Rumah? Simak Bacaan Niat dan Tata Caranya

ILUSTRASI Idul Adha 2020.
ILUSTRASI Idul Adha 2020. (Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S)

Diketahui, salat Idul Adha 1441 H dimungkinkan untuk digelar di lapangan ataupun masjid bagi sejumlah daerah yang dikategorikan aman dari penularan COVID-19, demikian dikutip dari laman Kemenag.

Kendati demikian, masyarakat diimbau agar dapat memastikan keamanan dari lingkungan tempat salat Id tersebut di samping menerapkan protokol termasuk menjaga jarak dan memakai masker.

"Batasi pintu atau jalan masuk untuk memudahkan pengecekan suhu tubuh, bawa peralatan salat masing-masing, pengumpulan infaq tanpa bersentuhan dengan kotak sumbangan, serta memperpendek pelaksanaan salat dan khutbah tanpa mengurangi syarat dan rukunnya," terangnya.

Idul Adha 2020: Kemenag Rilis Panduan Penyembelihan Hewan Kurban di Tengah Pandemi Covid-19

Sementara, untuk penyembelihan kurban, masyarakat diminta untuk melaksanakannya di tempat terbuka.

"Petugas pakai masker, membawa alat masing-masing, jaga jarak, cegah adanya kerumunan orang, dan daging kurban diantar petugas ke alamat penerima," imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Clarissa Fauzany Priastuti
Editor: Imam Saputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved