Breaking News:

Info BMKG

Info BMKG: Musim Hujan Diprediksi akan Dimulai Secara Bertahap pada Akhir Oktober 2020

BMKG memperkirakan berdasarkan pantauan, musim hujan di Indonesia akan dimulai secara bertahap pada akhir bulan Oktober 2020.

LINEARCLASSIFIER/FLICKR via sciencenews.org
ILUSTRASI cuaca hujan. 

TRIBUNPALU.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memperkirakan berdasarkan pantauan, musim hujan di Indonesia akan dimulai secara bertahap pada akhir bulan Oktober 2020.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyebut, permulaan hujan akan dimulai terutama dari wilayah Indonesia bagian barat.

Adapun sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan mengalami puncak musim hujan di bulan Januari dan Februari 2021.

Menpan RB Keluarkan Aturan Baru, ASN di Zona Merah 75 Persen WFH, 25 Persen WFO

Kumpulan Kisi-kisi Soal dan Jawaban UTS Tema 2 Kelas 2 SD, Buku Tematik: Bermain di Lingkunganku

“Sebagian besar wilayah diperkirakan mengalami puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari 2021, yaitu sebanyak 248 ZOM (72,5 persen),” ujar Dwikorita seeprti keterangan resmi yang diterima Kompas.com Senin (7/9/2020).

Piet Pagau Positif Covid-19, Raffi Ahmad Minta Doa untuk Kesembuhan sang Paman

Peralihan angin timuran

Sementara itu, Deputi Klimatologi BMKG Herizal menyampaikan, datangnya musim hujan umumnya berkaitan dengan peralihan angin timuran yang bertiup dari Benua Australia menjadi angin baratan yang bertiup dari benua Asia.

“Peralihan angin monsun diprediksi akan dimulai dari wilayah Sumatra pada Oktober 2020, lalu wilayah Kalimantan, kemudian sebagian wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara pada November 2020 dan akhirnya Monsun Asia sepenuhnya dominan di wilayah Indonesia pada bulan Desember 2020 hingga Maret 2021,” jelas Herizal.

Update Corona Global, Selasa 8 September 2020, Pagi: India Catat 75 Ribu Kasus Baru dalam 24 Jam

Awal penghujan

Ia menyampaikan dari total 342 zona musim (ZOM) di Indonesia, 34,8 persen ZOM diprediksi akan mengawali musim hujan pada bulan Oktober 2020 yakni sebagian Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Sementara sebanyak 38,3 persen memasuk musim hujan November 2020 meliputi sebagian Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved