Breaking News:

IDI Desak Pemerintah Bentuk Komite Keselamatan untuk Lindungi Dokter dan Tenaga Kesehatan

Wakil Ketua IDI mendorong pemerintah segera membentuk Komite Keselamatan untuk dokter dan tenaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN
Simulasi dokter menangani pasien terinfeksi virus corona Covid-19 di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (3/2/2020). 

TRIBUNPALU.COM - Pandemi virus corona Covid-19 yang merebak di Indonesia, tak hanya mengancam kesehatan masyarakat umum.

Namun juga dokter dan para tenaga kesehatan yang berjuang merawat pasien Covid-19.

Wakil ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Adib Khumaidi, SpOT mendorong pemerintah segera membentuk Komite Keselamatan untuk dokter dan tenaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, sudah lebih dari 100 dokter dan tenaga kesehatan meninggal karena terpapar Covid-19.

"Kami minta pemerintah untuk membentuk segera komite keselamatan dokter dan tenaga kesehatan. Jadi ada sebuah harapan dari organisasi untuk menjaga keselamatan mereka," kata Adib dalam diskusi virtual, Sabtu (12/9/2020).

Nantinya dalam organisasi itu terdapat proses pengawasan dan audit saat dokter dan tenaga kesehatan menjalankan pekerjaan profesionalnya.

UPDATE COVID-19 di Indonesia 12 September 2020: Tambah 3.806 Kasus Baru, Total 214.746 Kasus Positif

PSBB Mendadak Diberlakukan Lagi, PKPI Sebut Anies Baswedan Gagal Kelola Jakarta

Ketahui, Ini Bahaya yang Mengancam Kesehatan Saat Tidur dengan Kipas Angin Menyala

"Sangat berharap pemerintah dapat membangun komitmen bersama, karena dari komite itu, kita ingin dilindungi," harap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Mitigasi PB IDI.

Hingga Sabtu pagi tadi dilaporkan ada 114 dokter meninggal karena Covid-19, di mana sekitar 50 persen atau 55 dokter merupakan dokter umum dan sisanya merupakan dokter spesialis.

Adib menerangkan, berdasarkan investigasi pihaknya, para tenaga medis itu tidak semua terpapar Covid-19 di ruang penanganan atau ruang isolasi.

"Ada juga seperti kawan saya itu dokter Orthopedi yang terpapar karena operasi pasien dan baru diketahui besoknya pasien tersebut Covid-19," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul IDI Dorong Pemerintah Bentuk Komite Keselamatan untuk Lindungi Dokter dan Tenaga Kesehatan
Penulis: Rina Ayu Panca Rini

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved