Breaking News:

Majelis Hakim Sebut Jerinx Terbukti Sengaja Sebarkan Informasi untuk Timbulkan Kebencian

Terdakwa kasus "IDI Kacung WHO" I Gede Ari Astina alias Jerinx dinyatakan bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

TRIBUNNEWS.COM/BAYU INDRA PERMANA
Jerinx saat membacakan pledoi yang ia tulis di Pengadilan Negeri Denpasar dan disiarkan secara live streaming, Selasa (10/11/2020). 

TRIBUNPALU.COM - Terdakwa kasus "IDI Kacung WHO" I Gede Ari Astina alias Jerinx dinyatakan bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Majelis hakim menjatuhkan vonis satu tahun dan dua bulan penjara serta denda Rp 10 juta kepada Jerinx, Kamis (19/11/2020).

Jerinx dinyatakan terbukti bersalah menyebarkan ujaran kebencian karena menyebut Ikatan IDI sebagai kacung WHO dalam akun Instagram-nya @jrxsid.

Baca juga: Jerinx Divonis Hukuman Penjara 14 Bulan, Nora Alexandra Tulis Pesan Ini untuk Sang Suami

Baca juga: Divonis 14 Bulan Penjara atas Kasus Ujaran IDI Kacung WHO, Ini Respon Jerinx SID

"Mengadili, satu menyatakan terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx tersebut di atas terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas antargolongan sebagaimana dalam dakwaan alternatif pertama penuntut umum," kata Ketua Majelis Hakim Ida Ayu Adnya Dewi, di PN Denpasar, Kamis (19/11/2020).

Vonis hakim ini lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut Jerinx tiga tahun penjara.

Baca juga: Jelang Sidang Putusan, Jerinx Peluk Nora Alexandra dan Berucap Semoga Demokrasi Terus Hidup

Hakim menilai, perbuatan terdakwa membuat para dokter yang sedang gencar menangani Covid-19 tak nyaman. Hal ini merupakan salah satu fakor yang memberatkan hukuman Jerinx.

Selain itu, hakim menyoroti aksi walk out yang dilakukan penggebuk drum Superman Is Dead tersebut pada awal proses persidangan.

Hakim juga mempertimbangkan kegiatan sosial yang dilakukan Jerinx selama pandemi Covid-19.

Kegiatan membantu keluarga tak mampu itu menjadi faktor yang meringankan hukumannya.

Selain itu, terdakwa merupakan tulang punggung keluarga yang menghidupi istri dan adik-adiknya.

Menanggapi putusan itu, Jerinx meminta waktu pikir-pikir.

"Setelah saya diskusi dengan tim hukum, kami berpikir terlebih dahulu," kata Jerinx. (Kontributor Bali, Imam Rosidin|Editor : Dheri Agriesta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vonis Jerinx 14 Bulan Penjara, Hakim: Terbukti Sengaja Sebarkan Informasi untuk Timbulkan Kebencian", 

Tags
Jerinx
IDI
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved