Breaking News:

Tuntut Kejelasan Kasus BPKS Ketenagakerjaan, KSPI Bakal Gelar Aksi Demo Serentak di 10 Provinsi

"KSPI mewakili buruh Indonesia, pada hari Rabu, tanggal 17 Februari 2021, jam 10.00 sampai dengan jam 12.00 sesuai protokol kesehatan" ujar Said Iqbal

TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. 

TRIBUNPALU.COM - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ( KSPI) akan menggelar aksi unjuk rasa pada 17 Februari di depan Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek dan kantor wilayahnya yang ada di 10 provinsi.

"KSPI mewakili buruh Indonesia, pada hari Rabu, tanggal 17 Februari 2021, jam 10.00 sampai dengan jam 12.00 sesuai protokol kesehatan, kami akan melakukan aksi di depan Kantor BPJS Ketenagakerjaan," ujar Presiden KSPI Said Iqbal, Senin (15/2/2021).

Kemudian pada 18 Februari 2021, KSPI juga akan melangsungkan aksi unjuk rasa di depan Kantor Kejaksaan Agung serta Kejaksaan Tinggi (Kejati).

Dalam aksi tersebut ada beberapa tuntutan yang mereka sampaikan. Pertama, mengawal terus proses penyidikan oleh Kejagung terhadap kasus dugaan korupsi Rp 20 triliun di BPJS Ketenagakerjaan.

"Tuntutan yang akan dilakukan adalah meminta Kejaksaan Agung terus memeriksa kasus indikasi dugaan korupsi senilai Rp 20 triliun di BPJS Ketenagakerjaan akibat salah kelolaan dana investasi saham dan reksadana ke tingkat Pengadilan Negeri Tipikor," katanya.

Baca juga: Positif Covid-19, Uya Kuya Sebut Kondisinya Sempat Kritis hingga Akui Takut Mati

Baca juga: Diberi Kepercayaan untuk Dengarkan Isi Hati BCL, Daniel Mananta: Sebuah Kebanggaan Tersendiri

Tuntutan kedua, KSPI meminta Kejagung, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan DPR RI memanggil jajaran direksi BPJS Ketenagakerjaan serta 18 lembaga pengelola dana investasi, untuk dimintai keterangan mengenai pengelolaan dana investasi tersebut.

Sebelumnya, Kejagung memperkirakan kerugian karena korupsi pengelolaan dana investasi BUMN itu mencapai Rp 20 triliun.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Febrie Adriansyah menyebut, kerugian BPJS Ketenagakerjaan itu terjadi setidaknya dalam tiga tahun terakhir.

Febrie mempermasalahkan pengambilan keputusan BUMN itu mengelola dana nasabah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lusa, KSPI Bakal Demo Kantor BPJS Ketenagakerjaan yang Ada di 10 Provinsi"

Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved