Breaking News:

Reaksi Anafilaktik jadi Efek Samping Vaksin Covid-19? Kenali Penyebab dan Seberapa Bahayanya

Mengenal reaksi anafilaktik akibat dari vaksin. Bagaimana cara penanggulangannya dan seberapa bahayakah reaksi ini?

Kompas.com
Reaksi Anafilaktik 

TRIBUNPALU.COM - Vaksinasi Covid-19 menimbulkan banyak reaksi dari masyarakat.

Salah satunya adalah kasus munculnya reaksi anafilaktik setelah divaksin Covid-19.

Reaksi anafilaktik adalah syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang berat.

Dilansir dari media sosia Kementerian Kominfo, syok Anafilaktik membutuhkan pertolongan yang cepat dan tepat.

Dengan adanya gejala tersebut, fasilitas pelayanan kesehatan selalu siap mengantisipasi kemungkinan kejadian tersebut.

Reaksi anafilaktik pasti terjadi pada penyuntikan vaksinasi skala besar meskipun kejadiannya sangat jarang.

Dari satu juta dosis, terjadi sebanyak 1 atau 2 kasus.

Baca juga: Kemenkes Minta Warga Jangan Takut dengan Efek Samping Vaksin Covid-19

Reaksi Anafilaktik bisa terjadi tidak hanya disebabkan vaksin, namun juga bisa terjadi akibat antibiotik, kacang, nasi, maupun zat kimia.

Hingga kini dilaporkan belum ada kejadian anafilaktik pasca penyuntikan COVID-19 di Indonesia.

Namun, apabila ada ditemulan reaksi ini, diimbau untuk segera dilaporkan untuk diidentifikasi lebih lanjut.

Halaman
12
Penulis: Dinda Nur Alifah
Editor: Isti Prasetya
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved