Breaking News:

Mengenal Terminator Canon Foam, Alat Pemadam Kebakaran Kilang Minyak Pertamina

Terminator canon foam merupakan alat pemadam kebakaran kilang minyak milik Pertamina yang dioperasikan dengan air dan foam.

Pertamina
Dokumentasi penampakan kilang minyak 

Mengenal Terminator Canon Foam, Alat Pemadam Kebakaran Kilang Minyak Pertamina

TRIBUNPALU.COM - Kilang minyak milik Pertamina yang terletak di Balongam, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Penyebab dari kebakaran itu masih diselidiki hingga saat ini.

Namun sebelumnya dikatakan oleh Sekretaris Perusahaan Subholding Refining & Petrochemical Pertamina, Ifky Sukarya yang mengatakan penyebab terjadinya kebakaran di Balongan itu diduga akibat sambaran petir.

Dalm siaran pers yang digelar oleh pihak Pertamina, disebutkan jika kebakaran tidak sampai terjadi di equitment utama, hanya di bagian tangki T-301G saja.

Untuk mengendalikan arus minyak yang terbakar tidak semakin menjalar, Pertamina melakukan pemutusan atau normal shutdown.

Baca juga: Sebelum Terjadi di Balongan Indramayu , 3 Kilang Milik Pertamina Ini Juga Pernah Terbakar

Baca juga: Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Indramayu Disebut Karena Sambaran Petir, Ini Analisis BMKG

Guna memadamkan kobaran api yang diikuti kepulan asap hitam tebal tersebut, sejak kemarin Pertamina sudah mengerahkan tim Health Safety Security dan Enviroment  Kilang Pertamina.

Pada sejumlah kebakaran kilang yang pernah dialami, Pertamina kerap menggunakan alat Terminator Canon Foam untuk memadamkan api.

Alat ini semacam pelontar busa yangmemiliki daya mencapai 3.500 galon per menit.

Hal tersebut merupakan kekuatan yang lebih tinggi dari pengoperasian alat biasanya.

Dikutip Tribun Palu dari situs website resmi milik Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Pertamina menggunakan alat ini pada saat kebakaran kilang minyak di Cilacap, Jawa tengah pada 2011 lalu.

Halaman
123
Penulis: Rahman Hakim
Editor: Imam Saputro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved