Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Santri di Pondok Pesantren Daarul Hikmah Luwuk Wajib Dakwah Ramadhan, Alumninya Jebol Kampus LN

Ratusan santri Pondok Pesantren Daarul Hikmah Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah diwajibkan berdakwah sebanyak dua kali di masjid-masjid

TRIBUNPALU.COM
Para santri Pondok Pesantren Daarul Hikmah Luwuk melaksanakan latihan hadrat menjelang berbuka puasa. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Ratusan santri Pondok Pesantren Daarul Hikmah Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah diwajibkan berdakwah sebanyak dua kali di masjid-masjid setelah diliburkan 10 hari menjelang lebaran Idulfitri 1442 Hijriyah.

Sebelum diterjunkan ke masjid-masjid di kampungnya, mereka dibekali ilmu pengetahuan dan teknik berdakwah, bahkan para santri langsung dilibatkan berdakwah dalam safari Ramadan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Banggai.

Sehingga kualitas santri di Pondok Pesantren yang dinahkodai KH Muhammad Muadz, Lc, ini, tidak diragukan lagi.

Baca juga: Digeledah Karena Gerak-gerik Mencurigakan, Pria di Luwuk Selatan Ketahuan Bawa Paket Narkoba

Selama di Pondok Pesantren, para santri dibina dengan disiplin ketat apalagi di bulan suci Ramadan ini, kurikulumnya tentu berbeda dengan sekolah umum.
Pondok Pesantren Daarul Hikmah Luwuk terbagi di dua wilayah, yaitu di Desa Biak untuk santri pria, dan di Desa Boyou, Kecamatan Luwuk Utara untuk santri wanita.

“Untuk keseluruhan ada 430 santri yang terbagi dia dua jenjang pendidikan yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA),” ungkap Muhammad Muadz kepada TribunPalu.com, Jumat (23/4/2021).

Selama Ramadan, berbagai macam aktivitas dilakukan para santri. 

Di pagi hari mereka menjalankan aktivitas belajar mengajar pendidikan umum hingga menjelang salat Zuhur, lalu dilanjutkan dengan kajian-kajian keislaman seusai salat Zuhur hingga menjelang Ashar.

Mengisi waktu menjelang berbuka puasa diisi dengan aktivitas beragam, seperti berzikir, melatunkan ayat-ayat suci Alquran, latihan hadrat, hingga berolahraga.

Halaman
12
Penulis: Asnawi Zikri
Editor: Putri Safitri
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved