Breaking News:

Balut Hari Ini

Kejati Sulteng Bidik Dugaan Korupsi APBD 2020 Banggai Laut

Kejati Sulteng sedang menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2020.

handover
Ilustrasi Uang 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI LAUT - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah (Sulteng) sedang menyelidiki dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2020.

Informasi yang dihimpun TribunPalu.com, penyidik Kejati Sulteng dibantu penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Banggai Laut menggeledah kantor sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Banggai Laut, Senin (3/5/2021) siang.

Dalam penggeledahan itu penyidik dikabarkan ingin mencari bukti dokumen APBD Banggai Laut tahun 2020 di ruang Sekretaris Daerah (Sekda), Bagian Kesra Umum, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Penggeledahan yang dimulai dari pukul 10.00 hingga 16.00 Wita itu berhasil menyita sejumlah dokumen seperti LPKJ 2019, LKPJ 2020, APBD dan APBD Perubahan 2020, dan SP2D 2020.

Rencananya Selasa (4/5/2021), penyidik akan kembali menggeledah sejumlah kantor OPD.

Baca juga: Operasi Satgas Nemangkawi Buru KKB Papua Berakhir Juni, Irjen Imam: Kita akan Evaluasi

Baca juga: Bocoran Ikantan Cinta 4 Mei 2021: Elsa Bunuh Ricky, Nino Bikin Aldebaran Kembali Koma?

Baca juga: Bejat, Pemuda Asal Palu Selatan Cabuli Gadis Belia di Sigi

Hingga saat ini, pihak Kejati Sulteng maupun Kejari Banggai Laut belum memberikan keterangan resmi.

Wartawan TribunPalu.com mencoba mengkonfirmasi pihak Kejari Banggai Laut, namun belum direspon.

Dugaan tipikor ini dikabarkan terungkap dari hasil pengembangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasca-ditangkap Bupati Banggai Laut sebelumnya, Wenny Bukamon dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada awal Desember 2020 lalu.

Wenny Bukamo diduga menerima suap dari sejumlah kontraktor sebesar Rp2 miliar, yang akan digunakan untuk 'serangan fajar' saat Pilkada Serentak 2020.

Sekadar diketahui, Kabupaten Banggai Laut kini dipimpin Sofyan Kaepa dan Ablit H Ilyas sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024.

Keduanya dilantik oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola, di Gedung Jodjokodi Convention Center (JCC), Jl Moh Yamin, Kelurahan Lolu Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu pada Jumat (26/2/2021) lalu. (*)

Penulis: Asnawi Zikri
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved