Breaking News:

Palu Hari Ini

Disperindag Palu Ingatkan Warga Waspada Makanan Kedaluwarsa

Disperindag) Kota Palu mengimbau masyarakat agar waspada terhadap makanan kadaluwarsa menjelang Hari Raya Idulfitri. 

TRIBUNPALU.COM/NUR SALEHA
Kepala Dinas Perindag Palu Syamsul Saifudin 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Fandy Ahmat

TRIBUNPALU.COM, PALU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu mengimbau masyarakat agar waspada terhadap makanan kadaluwarsa menjelang Hari Raya Idulfitri 2021. 

Kepala Disperindag Syamsul Saifudin mengatakan, masyarakat harus lebih jeli melihat kode kadaluwarsa setiap membeli makanan maupun minuman untuk persiapan Lebaran. 

"Masyarakat harus mengecek masa kadaluwarsa saat mau membeli produk. Lihat juga barcode kemasannya. Pastikan setiap produk itu memiliki izin, seperti dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) atau Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT)," ujarnya, Senin (10/5/2021). 

Syamsul menambahkan, pihaknya khawatir makanan dan minuman kadaluwarsa ini masih di jual bebas di pusat-pusat perbelanjaan. 

Baca juga: Aturan Salat Id di Palu, Bisa di Masjid Tak Boleh di Lapangan

Baca juga: Viral Video Anggota TNI Dikepung 11 Debt Collector, Fadli Zon Heran: Kok Bisa?

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Gelar Ibadah Haji Tahun ini, Ini Langkah Kemenag RI

Oleh sebab itu, kata dia, masyarakat harus waspada dan teliti memilih produk makanan dan minuman, terutama yang terkemas dalam bingkisan Lebaran (parsel).

"Kemarin kami sudah menegur beberapa pasar modern karena didapati menjual makanan dan minuman kadaluwarsa. Insya Allah hari ini kami akan merilis daftar produk-produk itu," ungkapnya. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Disperindag Palu bersama beberapa pihak terkait terus melakukan pengawasan ke toko-toko, minimarket, maupun tempat penjual makanan dan minuman lainnya. 

"Kami bersama BPOM dan aparat kepolisian terus melakukan pemeriksaan untuk memastikan keamanan konsumen. Jika terdapat produk kadaluwarsa langsung kami amankan," ucap Syamsul. (*)

Penulis: fandy ahmat
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved