Breaking News:

Idul Fitri 2021

Polda Sulteng Kawal Implementasi Larangan Salat Id dan Pawai Takbiran

Kemenag Kota Palu telah mensosialisasikan surat edaran tersebut dalam kegiatan silaturahmi Ramadan di masjid-masjid Kota Palu.

handover
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Palu Nasruddin L Midu menyambut rombongan┬áKepolisian Daerah (Polda) Sulteng di ruang kerjanya, Jl Bantilan, Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Palu Nasruddin L Midu menyambut rombongan Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng di ruang kerjanya, Jl Bantilan, Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pertemuan tersebut membahas edaran Menteri Agama Nomor 7 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idulfitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 di Saat Pandemi Covid-19.

Nasruddin menyebutkan, Kemenag telah mensosialisasikan surat edaran tersebut dalam kegiatan silaturahmi Ramadan di masjid-masjid Kota Palu.

Kakankemenag Palu itu menyebutkan, hasil pertemuan antara Kemenag Kota Palu dan Polda Sulteng pada prinsipnya akan mengawal implementasi edaran tersebut.

Baca juga: Wali Kota Palu Sahur dengan Teh dan Roti, Buka Puasa Doyan dengan Bakwan

Baca juga: Polisi Bantu Warga Bersihkan Material Banjir Bandang di Desa Beka Sigi

Selain itu mantan Kakankemenag Touna itu memastikan, jika ada masjid tetap ingin melaksanakan salat Idulfitri agar memperhatikan penerapan protokol kesehatan dengan sangat ketat.

"Kalau ada masjid yang menyelenggarakan Salat Id agar memperketat penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker itu wajib, sehingga status zona orange saat ini tidak meningkat menjadi zona merah pascaIdulfitri nantinya," papar Kakankemenag Palu Nasruddin L Midu Selasa (11/5/2021).

Terkait  takbir keliling juga ikut dilarang karen adikhawatirkan akan menjadi tempat penyebaran Covid-19.

"Dalam edaran itu juga dilarang takbiran keliling, dan dianjurkan takbiran boleh dilakukan di masjid saja," katanya.

Sebelumnya Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama Wakil Wali Kota Reny A Lamadjido mengeluarkan dua larangan jelang Hari Raya Idulfitri 2021.

Larangan itu sebagai tindak lanjut surat edaran Kementerian Agama.

Kedua larangan itu adalah Salat Id di lapangan dan pawai atau takbir keliling di Malam Takbiran atau malam jelang Lebaran.(*)

Penulis: Moh Salam
Editor: mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved