Breaking News:

Apa Itu Lapisan Atmosfer Bumi? Berikut Pengertian serta Fungsinya

Berikut urutan Lapisan Atmosfer berdasarkan pada perbedaan temperatur, jenis dan kondisi gas, lengkap beserta fungsi Atmosfer.

Editor: Ananda Putri Octaviani
sciencing.com
Ilustrasi Planet Bumi. 

TRIBUNPALU.COM - Berikut ini penjelasan mengenai lapisan atmosfer bumi lengkap beserta fungsinya.

Atmosfer adalah gas selimut yang dapat membungkus atau melindungi suatu planet.

Dikutip dari gramedia.com, atmosfer pada suatu planet berbeda-beda, dan bumi memiliki atmosfer dengan ketebalan mencapai sekitar 1000 km dari permukaan bumi.

Atmosfer menyelimuti planet menggunakan berbagai lapisan yang sangat tebal, bahkan jika dihitung jaraknya mencapai ribuan kilometer dari planet tertentu hingga sampai ke luar angkasa.

Baca juga: Apa Itu Alzheimer? Pengertian, Gejala Hingga Perbedaan dengan Demensia

Baca juga: Apa Itu Anxiety Disorder? Berikut Jenis, Gejala, serta Pengobatan Alami

Fungsi Atmosfer

1. Atmosfer berfungsi sebagai pelindung bumi dari berbagai benda asing luar angkasa yang dapat jatuh ke bumi dikarenakan terkena gaya gravitasi bumi.

2. Atmosfer berfungsi sebagai pelindung bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet yang kemudian akan membahayakan kehidupan makhluk hidup yang berada di bumi dengan berbagai lapisan ozon.

3. Atmosfer mengandung berbagai gas yang akan sangat diperlukan manusia, hewan dan tumbuhan untuk bernafas juga untuk kebutuhan makanan lainnya seperti nitrogen, karbon dioksida, oksigen, dan lain sebagainya.

4. Atmosfer berfungsi sebagai pengatur cuaca yang kemudian akan mempengaruhi salju, hujan, angin, badai, topan, hingga awan.

Selain itu, lapisan Atmosfer dibagi menjadi beberapa urutan berdasarkan pada perbedaan temperatur, jenis dan kondisi gas di atmosfer.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved