Breaking News:

Palu Hari Ini

Peserta JKN-KIS di BPJS Kesehatan Bisa Nikmati Berbagai Layanan di Aplikasi Mobile JKN

Skrining riwayat kesehatan tersebut dapat dilakukan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Penulis: Nur Saleha | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/NUR SALEHA
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu, Wahidah saat konferensi pers di Cafe My Kopi O di Jl Kartini, Kelurahan Lolu Selatan, Kecamatan Palu Selatan, Rabu (17/6/2021) siang. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Nur Saleha

TRIBUNPALU.COM, PALU - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat ( JKN-KIS ) di BPJS Kesehatan bisa menikmati layanan skrining riwayat kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu Wahidah mengatakan, skrining riwayat kesehatan merupakan pendeteksi resiko penyakit yang diderita peserta.

Skrining riwayat kesehatan tersebut dapat dilakukan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Atau skrining riwayat kesehatan secara mandiri melalui Aplikasi Mobile JKN, website BPJS Kesehatan dan aplikasi Chika yang dapat diakses via WhatsApp, Telegram dan Facebook.

"Pada proses skrining nantinya ada beberapa pertanyaan yang diajukan, seperti gaya hidup peserta," ujarnya.

Baca juga: Siapa Saja yang Menjadi Peserta JKN-KIS? Cek Penjelasan BPJS Kesehatan Palu

Baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik per 1 Januari 2021, Ini Rincian Besaran Iurannya

"Jika ada peserta dengan hasil skrining kesehatan risiko sedang dan risiko tinggi, maka disarankan untuk mengunjungi FKTP untuk dilakukan proses skrining lanjutan," terangnya menambakan.

Wahida menjelaskan, peserta yang mempunyai risiko penyakit diabetes melitus tipe dua, hipertensi, kanker leher rahim, kanker payudara dan penyakit lain yang ditetapkan Kemenkes dapat memperoleh pelayanan penapisan atau skirining kesehatan tertentu di FKTP.

"Skrining empat penyakit itulah yang bisa didapatkan pada saat peserta mengisi skrining riwayat kesehatan di Aplikasi Mobile JKN," ucap Wahidah

Hasil skrining riwayat kesehatan di Mobile JKN dan Website BPJS Kesehatan dapat ditindaklanjuti melalui kunjungan ke FKTP dan telekonsultasi atau pelayanan kontak tidak langsung lainnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved