Breaking News:

Parimo Hari Ini

15 Peserta Pelatihan Diving Open Water di Parimo Diajarkan Metode Operasional Alat Selam

Sebanyak 15 peserta pelatihan diving open water di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah diajarkan metode operasional alat selam.

Penulis: Nur Saleha | Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Sebanyak 15 peserta pelatihan diving open water di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah diajarkan metode operasional alat selam. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Nur Saleha

TRIBUNPALU.COM,PARIMO - Sebanyak 15 peserta pelatihan diving open water di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah diajarkan metode operasional alat selam.

Mereka diajarkan cara membuka tabung, bernafas di dalam air dengan alat, membuka alat masker selam di dalam air, cara berenang menggunakan alat dan lain sebagainya.

"Setelah kemarin mereka menerima materi pengenalan diving, hari ini mereka praktek langsung bagaimana cara bernafas dengan membuka alat masker di dalam air, agar saat menyelam di kedalaman nanti tidak menemui masalah," jelas salah satu panitia Diving Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, Kamis (29/7/2021).

Ia mengatakan, peserta sebanyak delapan orang lebih dahulu dilatih yaitu dari tagana dinas sosial.

Sebab kata Wachida, delapan orang itu harus lebih mantap dasarnya karena disiapkan untuk Khusus Water Rescue atau penyelamatan air setelah melewati level adven water.

Dia juga menambahkan, grup kedua sebanyak tujuh orang juga melakukan praktek operasional alat dan penyelam.

Sementara, Dive Master asal Manado yaitu Jandri Wanget mengatakan peserta harus memperhatikan skil under tow atau adanya ombak saat diving.

Serta juga dive diver tow untuk mengetahui arah ombak dari jarak jauh agar aman menyelam.

"Ini juga bisa dipakai penyelamatan saat teman kita dalam masalah menyelam dikedalaman untuk kita naikkan ke purmukaan air dengan cara menarik dari belakang atau mendorong dengan memegang telapak kaki dari depan saat di permukaan air," jelas dia saat berikan materi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved