Breaking News:

Palu Hari Ini

Strategi Wali Kota Hadianto Kembangkan Sektor Pertanian di Palu

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama Kelompok Tani Duyu Bangkit memanen buah anggur di Jl Gawalise, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu.

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Wali kota Palu Hadianto Rasyid bersama Kelompok Tani Duyu Bangkit memanen buah anggur di Jl Gawalise, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Senin (13/9/2021) 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama Kelompok Tani Duyu Bangkit memanen buah anggur di Jl Gawalise, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Senin (13/9/2021) siang.

Di sela-sela panen anggur, Hadianto Rasyid mengatakan, akan berkomitmen dengan membuat suatu masterplan yang disebut dengan Rencana Induk Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan Kota Palu.

Hal ini dilakukan, agar arah kebijakan yang akan diambil Pemerintah Kota Palu kedepannya betul-betul terarah.

Sehingga para petani maupun para nelayan di Kota Palu bisa memanfaatkan dan menikmati hasilnya.

"Apa yang telah dikerja masyarakat bisa menghasilkan sesuatu yang InsyaAllah besar dan dirasakan sekali oleh mereka dan ini semakin memicu kita untuk melihat peluang-peluang yang ada," kata Hadianto Rasyid.

Baca juga: Tujuh Fraksi DPRD Sigi Setujui Ranperda APBD-P 2021

Baca juga: 5 Menteri Ini Kekayaannya Meningkat Selama Pandemi, Pengamat: Problem Etik Serius

Hadianto Rasyid menyatakan, pembiayaan yang boleh dilakukan oleh Pemerintah kota saat ini masih mengacu pada ketersediaan yang sudah dimasukkan dalam APBD yang sudah berjalan.

Sehingga apabila itu tidak masuk dalam APBD, maka harus menunggu anggaran perubahan.

"Kalau petani kita bisa panen seperti ini terus, kita support. Saya akan anggarkan tahun 2022 komiu-komiu harus keluar untuk melihat bagaimana perkebunan anggur," sebut Hadianto Rasyid.

Dalam kesempatan ini, para petani menjelaskan kepada Wali kota bahwa dalam satu tahun mereka menargetkan bisa panen sebanyak dua kali dan saat ini mereka telah menanam 620 pohon dalam sembilan varietas yang bisa menghasilkan sekitar 6,2 ton anggur. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved