Breaking News:

Kampus II UIN Datokarama di Sigi Siapkan Teknis Perkuliahan Tatap Muka

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu berencana melaksanakan proses perkuliahan tatap muka (PTM).

Penulis: Moh Salam | Editor: Muh Ruliansyah
TRIBUNPALU.COM/SALAM
Gedung Fakultas Tarbiyah UIN Datokarama di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama berencana melaksanakan proses perkuliahan tatap muka (PTM).

Hal itu diutarakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu Prof Abidin Djafar, Jumat (17/9/2021).

Kepada TribunPalu.com, ia mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan pelaksanaan perkuliahan secara tatap muka di Kampus II UIN Datokarama di Desa Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

"Kami telah rapat perdana pelaksanaan membahas pertemuan tatap muka, yang melibatkan wakil-wakil dekan bidang akademik di semua fakultas," ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Datokarama Palu, Prof Abidin Djafar.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Abidin Djafar
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Abidin Djafar (Handover)

Warek Akademik UIN Datokarama Palu itu menyebutkan, PTM tersebut dilaksanakan dengan merujuk ketentuan perundang-undangan yang diterbitkan pemerintah pusat, salah satunya edaran Kementerian Agama.

Ia menuturkan, sesuai ketentuan dari Kementerian Agama bahwa PTM dapat dilakukan secara terbatas, untuk wilayah level 1 dan 2 PTM dilakukan 50 persen.

Sementara untuk level 3 dan 4, maka PTM langsung dilakukan dengan jumlah 25 persen peserta dalam ruangan kelas belajar.

"Jadi, 50 persen dan 25 persen yaitu berdasarkan jumlah mahasiswa dalam satu kelas. Jadi kalau jumlah mahasiswa satu kelas 40 orang, maka 50 persen atau 25 dari jumlah tersebut," tuturnya.

Abidin Djafar menyampaikan, perkuliahan tatap muka di Kampus II UIN Datokarama Desa Pombewe, Sigi hanya dapat memberikan kapasitas 50 persen mahasiswa dalam setiap ruangan belajar.

Sementara itu persyaratan lainnya, seluruh dosen dan tenaga pengajar serta mahasiswa telah divaksinasi Covid-19.

"Kami sudah pasti menyediakan sarana pencegahan Covid-19 seperti tempat cuci tangan, masker dan alat pengukur suhu tubuh, serta pengaturan tempat duduk," ujarnya.

Informasi dihimpun TribunPalu.com, di kampus Ui UIN Datokarama yang berlokasi di Desa Pombewe Kabupaten Sigi hanya tersedia 48 kelas.

"Jadi bisa digunakan oleh 1.440 mahasiswa," tandas Kabag Perencanaan UIN Datokarama Palu Ahdar.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved