Breaking News:

Palu Hari Ini

SPI 2021 Masuk Tahap Pengumpulan Data Secara Elektronik

Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2021 telah masuk tahap pengumpulan data secara elektronik.

Penulis: Nur Saleha | Editor: Haqir Muhakir
Handover/Humas Pemkot Palu
Sekretaris Daerah Kota Palu, H Asri saat mengikuti diskusi percepatan pengumpulan data e-SPI secara virtual dengam KPK RI, Jumat (1/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Nur Saleha

TRIBUNPALU.COM, PALU - Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2021 telah masuk tahap pengumpulan data secara elektronik.

"Pengumpulan data secara elektronik melalui email atau WhatsApp kepada responden internal, eksternal, dan ekspor yang terpilih," jelas Sekretaris Daerah Kota Palu, H Asri setelah mengikuti diskusi percepatan pengumpulan data e-SPI secara virtual, Jumat (1/10/2021).

Diskusi tersebut diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Hal itu dalam rangka pencegahan korupsi sebagaimana diamanatkan Pasal 6 huruf a, b, dan huruf c dan Pasal 9 Undang-undang Nomor 19 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

SPI itu dilakukan oleh KPK sejak tahun 2016 silam dan pada tahun 2021,

SPI telah ditetapkan oleh Kementerian PPN atau Bappenas menjadi prioritas nasional dan menjadi salah satu indikator untuk mengukur pelaksanaan pencegahan korupsi pada lampiran RPJM Nasional tahun 2020-2024.

Baca juga: Tersinggung Risma Marahi dan Tunjuk-tunjuk Warganya, Gubernur Gorontalo: Contoh Tidak Baik

Baca juga: Banjir di Banggai Laut, Kepala BPBD: Kami Masih Fokus Evakuasi Warga

"Hasil SPI Tahun 2021 akan diintegrasikan dengan penilaian reformasi Kementerian PANRB atau Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi , dimana indeks SPI akan digunakan sebagai salah satu komponen hasil dari indikator pemerintah yang bersih dan bebas KKN dalam penilaian reformasi birokrasi," jelas Asri.

"Sehingga, survei eksternal persepsi anti korupsi yang sebelumnya dilaksanakan oleh Kementerian PANRB, tidak akan dilakukan lagi," tambahnya.

Sebelumnya kata Asri, informasi terkait hal itu telah disampaikan oleh Kementerian PANRB melalui surat nomor B/13/RB.01/2021 tertanggal 23 Juni 2021 kepada K/L/PD yang menjadi lokus penilaian RB tahun 2021. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved