Breaking News:

Banggai Hari Ini

Tembus Pasar Internasional, Ikan Kerapu Hidup dari Banggai Diekspor ke Hongkong

Sebanyak 352 ekor seberat 1,8 ton ikan kerapu hidup yang telah disertifikasi oleh Stasiun KIPM Luwuk Banggai diekspor dari Kabupaten Banggai ke Hongko

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/ASNAWI ZIKRI
Petugas Kantor Stasiun KIPM Luwuk Banggai mengawasi proses pengangkutan ikan kerapu hidup dari bak penampungan sebelum diekspor ke Hongkong melalui Bandara Palu, Jumat (22/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Sebanyak 352 ekor seberat 1,8 ton Ikan Kerapu hidup yang telah disertifikasi oleh Stasiun KIPM Luwuk Banggai diekspor dari Kabupaten Banggai ke Hongkong.

Ekspor yang dilakukan oleh UD. Riski Samudra Jaya ini merupakan kegiatan dalam rangkaian memperingati HUT ke-22 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dari Banggai, ratusan ikan kerapu hidup berbagai jenis dibawa ke Palu menggunakan 2 bak fiber di mobil dengan bentuk pengangkutan terbuka. 

UD Riski Samudra jaya adalah salah satu instalasi karantina ikan yang telah menerapkankan prinsip biosecurity melalui sertifikasi cara karantina ikan yang baik. 

Pendampingan dan bimbingan dari Kantor Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Luwuk Banggai selama beberapa tahun telah banyak berperan di dalamnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali menyatakan, dengan adanya ekspor ini diharapkan sektor Kelautan dan Perikanan dapat memulihkan ekonomi nasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banggai.

“Karena dengan pertuumbuhan ekonomi yang baik, masyarakat bisa maju dan sejahtera,” kata dia di sela-sela pelepasan ekspor ikan kerapu hidup di UD. Riski Samudra Jaya, Jl Trans Sulawesi Kelurahan Kilongan, Kecamatan Luwuk Utara, Jumat (22/10/2021).

Selain itu, ekspor seperti ini dapat meningkatkan nilai tukar nelayan.

Olehnya itu, Pemkab Banggai, perbankan maupun instansi terkait lainnya akan mendukung seluruh eksportir di Kabupaten Banggai.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved