Breaking News:

OPINI

PEMUDA ITU PEMIMPIN “Sebuah Refleksi Peran Pemuda, Tantangan dan Harapan”

Lembaran dan goresan Sejarah telah menyampaikan bahwa bukti wujud peran Pemuda Indonesia yang mengantarkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
handover
Andi Fajaruddin L Pettawali 

Ditulis oleh Andi Fajaruddin L. Pettawali (Sekretaris Bidang Organisasi DPP GMNI/Mantan Ketua Umum DPC GMNI Luwuk Banggai)

Sejarah Perjuangan Pemuda

Lembaran dan goresan Sejarah telah menyampaikan bahwa bukti wujud peran Pemuda Indonesia yang mengantarkan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Yang dimana tercatat awal mula pergerakan pemuda berawal dari Boedi Utomo yang awal mulanya berdiri pada tahun 20 Mei 1908, di mana pergerakan Boedi Utomo merupakan bagian sejarah panjang pergerakan pemuda Indonesia.

Disamping itu banyak organisasi pergerakan Pemuda dari berbagai latar belakang pun mulai banyak berdiri, beberapa organisasi di antaranya Indische Vereeninging dan berganti nama menjadi Perhimpunan Indonesia.

Selain itu juga berdirinya organisasi kepemudaan yang lainnya seperti Indische Partij, Serikat Islam, dan Muhammadiyah.

Hal demikianlah yang kemudian menjadi awal munculnya pergerakan pemuda dalam melawan Kolonialisme Belanda serta juga membangkitkan munculnya Gerakan organisasi kepemudahan yang lainnya.

Tidak hanya sampai di situ bahwa dalam periode selanjutnya organisasi pergerakan pemuda bermunculan lagi yang mana berdirinya Kelompok Studi Indonesia yang di motori oleh Soetomo dan Kelompok Studi Umum yang di motori oleh Soekarno.

Hingga terbentuknya Organisasi Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang berperan menghimpun pemuda-pemuda Indonesia dari berbagai latar belakang, sehingga terjadi sebuah peristiwa bersejarah yang dimana lahirnya sumpah Pemuda pada Kongres ke II pada tanggal 26 – 28 Oktober 1928 yang sampai hari ini sebagai peristiwa yang sangat bersejarah dan terus di peringati sebagai simbol kekuatan pemuda.

Berdasarkan peristiwa dan catatan sejarah pada periode 1908 – 1928 merupakan goresan sejarah panjang perjuangan pemuda dalam melawan kolonialisme Belanda serta merajut persatuan dan kesatuan kaum muda Indonesia untuk keluar dari belenggu penjajahan Belanda.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved